Turun Berat Badan, Turun Resiko Kanker Payudara

Agen Sbobet Pasti BayarWanita yang kelebihan berat badan di atas usia 50 dapat melihat pengurangan risiko mereka terkena kanker payudara jika mereka kehilangan berat badan.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute (JNCI) dan dilakukan oleh para peneliti dari American Cancer Society, Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard TH Chan dan lainnya, menemukan bahwa wanita yang kelebihan berat badan di “dewasa dewasa atau menengah” yang kehilangan berat badan dan mempertahankannya memiliki risiko kanker payudara yang berkurang jika dibandingkan dengan wanita yang kelebihan berat badan yang beratnya tetap sama.

Untuk mendapatkan hasil mereka, para peneliti, menggunakan Diet and Cancer Pooling Project of Prospective Studies (DCPP), menganalisis lebih dari 180.000 wanita berusia 50 tahun atau lebih dari 10 studi berbeda. Berat perempuan dinilai secara berkala, pada awal penelitian, lagi setelah lima tahun, kemudian sekitar empat tahun setelah itu.

Pada akhirnya, para peneliti menentukan bahwa wanita “dengan penurunan berat badan yang berkelanjutan memiliki risiko kanker payudara lebih rendah daripada wanita yang berat badannya tetap stabil dan semakin besar jumlah penurunan berat badan yang berkelanjutan, semakin rendah risiko kanker payudara.”

Baca Juga: Banyak Tidur Meningkatkan Resiko Stroke

Secara khusus, para peneliti menemukan bahwa wanita yang kehilangan berat badan antara 2 sampai 5 kg memiliki risiko 13% lebih rendah daripada wanita yang berat badannya tetap stabil. Mereka yang kehilangan berat badan antara 5 sampai 10 kg memiliki risiko 16% lebih rendah, sementara wanita yang kehilangan lebih dari 20 kilogram memiliki risiko 26% mengurangi risiko terserang penyakit ini.

Terlebih lagi, wanita yang kehilangan 20 pound atau lebih terus memiliki risiko yang berkurang bahkan jika mereka menambah berat badannya kembali, menurut penelitian.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa bahkan sedikit penurunan berat badan yang berkelanjutan terkait dengan risiko kanker payudara yang lebih rendah untuk wanita di atas 50,” kata Lauren Teras, Ph.D., penulis utama studi ini, dalam sebuah pernyataan.

“Temuan ini mungkin menjadi motivator yang kuat untuk dua pertiga wanita Amerika yang kelebihan berat badan untuk kehilangan sebagian dari berat itu. Bahkan jika Anda menambah berat badan setelah usia 50 tahun, belum terlambat untuk menurunkan risiko kanker payudara. “

Meskipun hubungan antara berat badan dan risiko kanker ini sangat kompleks, kelebihan berat badan atau obesitas setelah menopause memang meningkatkan risiko kanker payudara, menurut organisasi kesehatan.

Studi baru ini penting karena, menurut American Cancer Society, ini adalah yang pertama dengan “ukuran sampel yang cukup besar untuk memeriksa pertanyaan penting apakah penurunan berat badan yang berkelanjutan dapat berdampak pada risiko kanker payudara dengan ketepatan statistik.”