Teknik Dasar Bola Basket

Olahraga bola basket merupakan salah satu olahraga yang paling digemari di Indonesia. Selain menjadi aktivitas yang menyehatkan, olahraga ini juga bisa menjadi ajang mencari komunitas yang positif dan sekaligus menambah teman.

Beberapa manfaat dari olahraga Bola Basket antara lain :

Membakar kalori : Dengan bermain bola basket selama satu jam, anda bisa membakar hingga 630-800 kalori.

  • Membangun keseimbangan tubuh, reflek dan melatih sensorik tubuh
  • Menambah daya imun tubuh
  • Meningkatkan konsentrasi dan stamina
  • Membangun otot agar lebih kuat dan berbentuk

Manfaat-manfaat tersebut tentut saja ingin didapatkan semua orang tanpa terkecuali. Karena memang manfaat yang kami sebutkan diatas sangat berguna untuk menjaga kesehatan. Namun sebelum anda bisa mendapatkan dampak positif tersebut, andah harus mengetahui cara bermainnya.

Dengan berbagai manfaat yang didapat diatas, Anda dapat melakukan olahraga basket secara rutin untuk menjaga kesehatan. Oleh karena itu kami ingin anda mengerti cara dasar untuk bisa menguasai permainan bola basket.

  1. Passing & Catching

Dalam bermain bola basket, anda harus bisa melakukan passing dan catching. Ada beberapa jenis passing dan catching.

  • Chest Pass (operan setinggi dada)

Operan ini dilakukan dengan memposisikan bola sejajar dengan dada, kemudian dilempar vertikal ke arah pemain lain.

  • Bounce Pass (operan pantul)

Untuk melakukan operan ini, ini anda bisa memposisikan bola sejajar dengan dada, lalu di arahkan ke lantai. Kemudian diarahkan kepada pemain yang dituju dengan memantulkannya melalui lantai.

  1. Overhead Pass (operan diatas kepala)

Operan Bola Basket ini dilakukan dengan kedua tangan berada diatas dan depan kepala kemudian melemparkan bola secara parabola atau melambung.

  • Behind the Back Pass

Operan ini dilakukan dengan cara mengoper bola dari tangan yang berposisi dibelakang punggung, sehingga lawan tidak mengetahui posisi sasaran yang dituju.

  1. Dribbling (Menggiring bola)

Prinsip dasar menggiring bola basket merupakan pengendalian pada bagian tangan dan jari-jari. Anda diharuskan menjaga bola dari serangan atau incaran para pemain lainnya. Anda dituntut untuk bisa menggiring bola dengan baik juga.

Berikut beberapa tips dribbling:

Anda harus berlatih setiap hari dengan melakukan dribbling menggunakan tangan dominan anda terlebih dahulu. Kemudian baru anda bisa mencoba dribbling menggunakan tangan lainnya. Melakukan latihan dribbling dari posisi rendah hingga tinggi, dan tempo pelan kemudian semakin cepat.

  1. Shooting

Hal ini merupakan hal yang sangat penting agar anda bisa mendapatkan poin dalam olahraga basket. Cara yang benar untuk bisa melakukan shooting adalah menggunakan kedua tangan anda. Tangan dominan anda yang akan menjadi tumpuan utama untuk melempar bola, dengan siku membentuk sudut 90 derajat mengarah kepada ring.

Sedangkan tangan anda yang tidak dominan menjadi penyangga agar bola tidak jatuh saat atau sebelum dilempar. Posisi kaki mengarah ke ring, dan ditekukkan sesaat sebelum melempar bola. Sehingga menjadi daya dorong serupa system pegas.

Saat melempar bola, tenaga harus datang mengalir melalui kaki, dan naik ke tangan, sehingga bola melambung menggunakan gaya pegas.

  1. Pivot (Cara berputar)

Pivot adalah gerakan yang dilakukan dengan menggerakan badan, dengan 1 kaki yang menjadi poros utama. Poros utama ini akan digunakan sebagai pusat putaran sebelum melakukan dribbling setelah baru menerima bola. Atau setelah mendapatkan bola.

  1. Rebound

Rebound merupakan suatu usaha yang mengambil bola yang memantul dari papan atau ring akibat tembakan atau layout yang tidak berhasil. Sama seperti olahraga lainnya, untuk dapat mahir bermain. Tentu anda harus banyak latihan Bola Basket, dengan mempraktekkan cara yang telah kami sebutkan diatas dan terus berlatih, anda akan menguasainya.

Baca Juga : Krav Maga