Sejarah Cryptocurrency

Sejarah Cryptocurrency merupakan salah satu mata uang baru dan Bitcoin merupakan salah satu cryptocurrency yang pertama di dunia.  Sebagai sebuah aset yang diklaim telah mengubah pandangan dari apa yang dianggap sebagai aset dalam pasar keuangan di dunia.

Founder misterius Bitcoin, Satoshi Nakamoto mempublikasikan paper akademis sebanyak 9 halaman pada 10 tahun lalu, yang berjudul : “Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System.” Paper ini dianggap sebagai sumber mulanya dari cryptocurrency, yang membawa pada transaksi pertama Bitcoin yang dilakukan di awal 2009.

Sejarah Cryptocurrency  Periode 2008-2010

Sejarah Cryptocurrency permulaan transaksi Bitcoin ini awalnya dilakukan secara privat. Sehingga tidak ada yang tahu kapan dan bagaimana terjadi. Dipercaya bahwa transaksi pertama dilakukan antara Nakamoto dan developer Hal Finney. Banyak juga yang menspekulasi bahwa Finney, yang meinggal pada tahun 2014 silam adalah Satoshi Nakamoto.

Penggunaan Bitcoin ini berkembang secara bertahap, awalnya dengan munculnya cryptocurrency

Mencuri perhatian dari banyak berbagai pihak. Pada mei 2010 dikenal dengan “Bitcoin Pizza Day.”

Pada 22 mei saat itu terjadi pembelian dua pizza Papa John oleh Laszlo Hanyecz sebagai penggemar Bitcoin yang menandakan transaksi pertama real-world Bitcoin. Transaksi tersebut menggunakan 10.000 Bitcoin untuk dua pizza besar papa John. Yang sekarang 10.000 Bitcoin senilai kurang lebih 63 juta USD.

Sejarah Cryptocurrency  Periode 2013-2017

Perkembangan Sejarah Cryptocurrency dari Bitcoin berlanjut sampai sekarang , namun pada tahun 2013 terjadi inflasi besar dalam mata uang. Dan akhir tahun 2013, cryptocurrency mengalami lonjakan besar dari nilai 100 USD per koin, menjadi 1.000 USD dalam waktu hanya satu bulan. Setelah itu baru perlahan kembali berkurang separuh dari nilainya selama 3 bulan ke depan. Bitcoin tidak mencapai 1.000 USD lagi hingga 2017.

Setelah adanya lonjakan tersebut, hal ini menarik perhatian dari berbagai media. Business Insider menuliskan tulisan berjudul: “I;m Changing My Mind about Bitcoin” setelah beberapa minggu sebelumnya telah mengatakan Bitcoin sebagai lelucon.

Setelah tiga tahun berlalu, Bitcoin tetap berkisar 400 USD dan tidak pernah mencapai 650 USD atau dibawah 250 USD. Momen penting yang terjadi pada periode ini, adalah jatuhnya Mt Gox, Exchange cryptocurrency pertama, yang mengajukan perlindungan kebangkrutan setelah diretas oleh hacker hingga 500 juta Bitcoin, serta 30 juta uang deposito tunai.

Pertasan ini merupakan yang terbesar dalam dunia crypto. Mengungkap kemanan yang cacat dan mencoreng repurtasi Bitcoin sebagai aset dengan minimal proteksi bagi para penggunanya.

Sejarah Cryptocurrency  Periode 2013-Sekarang

Setelah berselang tiga tahun, dan menjalani kondisi tenang bitcoin mulai naik kembali dan mencapai puncaknya pada 2017. Di tahun 2017 nilainya meningkat dari 1.000 USD per koin hingga mencapai hampir 20.000 USD per koin dalam hitungan bulan saja.

Bagian yang mempelopori lonjakan ini adalah fork Bitcoin yang membagi Bitcoin dalam BTC dan Bitcoin cash, setelah sekelompok developer asal Tiongkok memutuskan untuk membagi kode original Bitcoin.

Di tahun 2017 juga dianggap sebagai usaha public besar pertama dari berbagai macam institusi keuangan untuk terlibat dalam cryptocurrency. Dua Exchange asal AS, CME dan Cboe. Membentuk platform untuk konsumen melakukan trading futures Bitcoin. Berbagai bank besar mulai mengumumkan projek yang melbatkan cryptocurrency, yang membantu meningkatkan harga Bitcoin.

Namun hanya beberapa minggu setelah futures dirilis, dan pada akhir Januari 2018, Bitcoin mengalami penurunan dari 20.000 USD per koin menjadi 10.000.

Penurunan ini didorong sebagian oleh meningkatnya tingkat kekhawatiran bahwa regulator memiliki rencana untuk menindak cryptocurrency yang beroperasi diluar bantuan regulator normal sampai saat itu.

Perlahan Bitcoun terus mengalami penurunan sampai awal 2018 sebelum mulai stabil pada angka 7.000 USD per koin. Nilai Bitcoin tetap stabil sejak juni, dan pada 10 tahun ini, Bitcoin memiliki nilai sebesar 6.305 USD per koin. Meskipun sekarang telah memasuki kesadaran umum, tetap terdapat kekhawatiran pada Bitcoin yang memiliki usia tidak pendek ini. Sekian ulasan sinkgat mengenai Sejarah Cryptocurrency  yang bisa kami sampaikan.

Baca Juga : Olahraga Unik