Olahraga Unik

Olahraga Unik yang sempat masuk olimpade pada jaman dulu, banyak tidak diketahui masyarakat. Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan informasi mengenai beberapa olahraga tradisional yang unik dan belum banyak dilirik oleh orang. Namun cabang olahraga ini sebenarnya sudah masuk kedalam daftar Olimpiade loh.

Banyak jenis cabang olahraga yang diperlombakan di olimpiade. Tapi mungkin anda belum tahu bahwa olahraga unik dan aneh yang pernah dilombakan. Olimpiade sendiri merupakan acara olahraga internasional yang diadakan dalam 4 thaun sekali yang menggabungkan olahraga dari semua cabang. Berikut daftar Olahraga Unik yang kami ingin sampaikan.

5 Olahraga Unik

1. Tarik Tambang

Mungkin anda semua tidak asing lagi dengan Olahraga Unik yang satu ini. Salah satu olahraga tradisional yang rutin diadakan saat merayakan hari kemerdekaan RI setiap 17 agustus. Namun ternyata fakta menyebutkan bahwa tarik tambang ini atau nama lainnya Tug Of War pernah tampil selama 20 tahun dalam Olimpiade. Dari tahun 1900 hingga 1920.

2.  Menembak Burung Merpati

Olahraga Unik  selanjutnya adalah dengan menembaki burung merpati. Bagi anda yang lahir di tahun 90-an mungkin pernah mendengar salah satu permainan Nintendo menembak burung. Dan ternyata menembak burung merpati merupakan olahraga yang pernah masuk kedalam kompetisi olimpiade pada tahun 1900.

Cabang olahraga ini hanya pernah masuk sekali saja untuk diperlombakan. Dalam permainan ini, ratusan burung merpati akan diterbangkan dan kemudian ditembaki para peserta. Siapa yang paling banyak menembak akan menjadi pemenang. Dan pastinya saat diselenggarakan olahraga ini membuat lokasi penuh dengan darah dari burung yang tertembak.

3. Olahraga Unik Kabaddi

Olahraga Unik Kabaddi pernah masuk di Olimpiade pada tahun 1936. Kabaddi ini adalah olahraga yang bersala dari India, dan sering dimainkan oleh masyarakat desa. Dan Kabaddi pada jaman dulu dianggap sebagai seni bela diri. Dan Kabaddi menjadi olahraga yang populer dengan nama yang berbeda-beda disetiap wilayahnya. Contoh di Bangladesh olahraga ini disebut dengan Hadudu, dan di Maladewa disebut dngan Baibalaa.

4. Duel Pistol

Nah Olahraga Unik  yang satu ini sangat digemari oleh banyak orang terutama para laki-laki. Cabang olahraga ini mirip dengan adegan yang terdapat pada film koboi yang sedang melakukan duel pistol. Yang membedakan adalah pada olahraga Duel Pistol, pistol yang digunakan atlet adalah dummy. Dan peserta akan diminta untuk menlindungi bagian wajah saat olahraga ini berlangsung. Olahraga unik ini hanya bisa bertahan selama 2 periode olimpiade saja. Tahun 1906 dan 1912.

5. Lompat Jauh Kuda

Seperti yang anda tahu, lompat jauh biasanya dilakukan oleh manusia. Namun yang satu ini menggunakan kuda sebagai alat berlomba. Cabang olahraga ini sempat diperlombakan olimpiade pada tahun 1990. Saat Olimpade ini dilakukan dengan cara seorang penunggang menunggi kuda yang akan melompat, dan lompatan kuda yang terjauh akan dinyatakan sebagai pemenangnya. Rekor terjauh saat itu adalaa 20 kaki atau 9 meter yang masih lebih rendah dari rekor lompat jauh manusia.

Baca Juga : 5 Jenis Olahraga Ekstrim