Olahraga Baseball

Permainan Baseball atau bisbol adalah sebuah jenis olahraga kesebelasan di mana permainan antara 2 kesebelasan akan bersaing. Pasti ada ketentuan permainan baseball sendiri yang perlu untuk diketahui. Sama halnya seperti aturan permainan softball dan pun permainan olahraga yang serupa. Permainan baseball mempunyai peraturan yang harus diketahui serta ditaati oleh masing-masing pemainnya.

Lapangan Baseball

Hal dasar mengenai aturan permainan baseball yang haru diketahui ialah bahwa lapangan baseball berbentuk ¼ lingkaran. Ada 9 pemain untuk setiap tim offense (penyerang) dan kesebelasan defense (bertahan). Tim bertahan pada umumnya ialah tim tuan rumah dan hal ini ditentukan pada mula pertandingan sebagai awal permainan.

Kesembilan pemain defense atau bertahan mesti menduduki posisi yang sudah ditentukan oleh timnya. Yaitu 4 orang pemain (baseman pertama, kedua dan ketiga, inilah shortsop). Terdapat di distrik infield atau lokasi pertahanan dalam atau depan, 3 orang pemain lainnya (left-fielder, center-fielder, dan right-fielder) mesti berada di lokasi outfield atau pertahanan belakang.

Serta 2 pemain sisanya seperti pitcher mesti terdapat di tengah infield dan mesti berdiri tepat di atas Pitcher’s. Mount. Sementara tersebut pemain catcher dapat duduk berjongkok tepat di belakang homeplate dan mesti untuk membuat jarak antara 18,5-19 meter berhadapan dengan pitcher.

Untuk kesebelasan offense alias kesebelasan lawan yang menyeran. Posisi di lapangan mesti terdapat di luar atau pada sisi lapangan dan berada pada tempat setiap (dugout).

Nantinya kesebelasan offense atau pemukul akan maju satu-satu bergantian sesuai urutannya untuk memukul dalam mengawali permainan sambil memposisikan diri di dalam batter’s box pada bagian sisi homeplate. Kemudian dari situlah pemain dapat berupaya memukul bola sebaik-baiknya yang mengarah pada lokasi permainan supaya tim defense tak dapat menangkap bola hasil pukulan pemain kesebelasan offense.

HIT ialah istilah yang dipakai untuk menggambarkan situasi di mana Base didapatkan dari pukulan bola yang tak diakibatkan oleh kekeliruan atau kelalaian dari kesebelasan bertahan. Begitulah seterusnya dan berlaku juga untuk pemukul selanjutnya. Berikut ini kami sampaikan beberapa istilah umum dan penting yang perlu anda ketahui dalam permainan Baseball.

Istilah Umum Baseball

Strikes

Untuk aturan strikes pada permainan baseball, terdapat 3 kali peluang yang akan diberikan untuk setiap pemukul untuk dapat memukul bola yang dibuang oleh pitcher. Apabila dalam 3 kali peluang pitcher dapat sukses melempar bola dan masuk ke dalam strike zone tanpa pemukul dapat memukulnya. Pemukul akan ditetapkan langsung OUT.

OUT dengan kata lain si pemukul yang tak sukses memukul bola dalam 3 kali kesempatan tersebut diharuskan keluar lapangan dan mesti pulang ke dugout. Jadi untuk menghindari agar tidak OUT, pastinya pemukul atau hitter perlu sukses mengenai bola dengan baik.

Baserunning

Tiap kali pemukul atau hitter telah memukul bola ke arah distrik permainan dan lantas lanjut menjadi baserunner atau pelari. Pemukul yang sukses memukul bola mesti berjuang berlari dengan cepat dan sekencang-kencangnya mengarah ke base. Di mana pastinya seharusnya dapat sebanyak dan sejauh base yang pemukul dapat selama pemain defense dalam proses menangkap dan mengontrol bola yang dipukul oleh pemukul tadi dan melakukan lemparan pulang ke pemain defense lainnya dalam usaha menciptakan runner OUT.

Bila runner telah sampai ke base pertama sebelum pemain defense dapat melemparkan bola ke arah infielder baseman pertama. Otomatis runner dapat berdiri tepat pada base pertama sambil menunggu untuk pemukul berikutnya untuk memukul bola.

Setiap base aturannya hanya boleh ditempati oleh satu runner dan pada masa-masa bola hidup atau play ball saat pertandingan berlangsung. Baserunner sah-sah saja untuk meninggalkan base setiap saat dan tak usah bergantung pada gerakan pitching untuk mengerjakan base stealing dan berlari ke arah base selanjutnya.

Itu adalah beberapa istilah dari banyak yang ada di dalam permainan Baseball. Permainan ini memang memiliki banyak peraturan dan tata cara yang harus dipatuhi sehingga masuk dalam kategori olahraga yang cukup rumit. Namun bila anda sudah memahami istilah-isitlah yang ada, maka akan sangat mudah untuk mengerti permainan ini.

Baca Juga : Sejarah Cryptocurrency