Leukemia: Obat Diabetes Mematikan Sel-Sel Kanker

Agensbobetpastibayar.net – Para ilmuwan mungkin telah menemukan cara inovatif untuk membunuh sel kanker pada leukemia myeloid akut, sambil mempertahankan dan meregenerasi sel darah merah yang sehat.

Studi baru dilakukan oleh para peneliti dari McMaster Stem Cell dan Cancer Institute di McMaster University di Kanada.

Mick Bhatia, seorang biokimia memimpin penyelidikan, dan temuan ini telah diterbitkan dalam jurnal Nature Cell Biology.

Metode konvensional untuk mengobati leukemia fokus pada penargetan sel-sel leukemia. Ini dilakukan dengan sedikit memperhatikan pelestarian sel darah merah.

Produksi sel darah sehat dalam sumsum tulang sangat penting untuk mencegah pasien leukemia dari anemia atau infeksi fatal.

Penulis studi pertama Allison Boyd mengatakan, “Pendekatan kami mewakili cara yang berbeda dalam memandang leukemia dan menganggap seluruh sumsum tulang sebagai ekosistem. Daripada pendekatan tradisional mempelajari dan mencoba untuk langsung membunuh sel-sel yang sakit sendiri.”

Cara Obat Diabetes Membunuh Sel Kanker

Untuk mengubah prospek, Boyd dan rekannya mengumpulkan sampel sumsum tulang dari 34 pasien “beragam secara genetik” dengan AML.

Para peneliti memeriksa proses pembentukan sel darah pasien dan membandingkannya dengan donor sehat. Boyd dan tim kemudian meneliti perilaku sel-sel individu baik in vitro atau dalam kultur sel. Juga in vivo, atau pada tikus yang memiliki sel manusia yang ditransplantasikan ke dalamnya.

Para peneliti menemukan bahwa penyakit “mengganggu ceruk adipositik” di sumsum tulang. Dan lebih khusus lagi, mereka menemukan bahwa leukemia menekan adiposit sumsum tulang – atau sel-sel yang menyimpan lemak.

Hal ini menyebabkan disfungsi pada sel-sel induk dan sel-sel nenek moyang, yang, dalam tubuh yang sehat, kemudian akan membentuk sel-sel darah merah. Karena itu pematangan sel darah merah dihentikan.

Untuk mengatasi hal ini, para peneliti memberikan apa yang disebut agonis gamma PPAR – obat yang biasa digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2 – untuk tikus, dan mereka menemukan bahwa itu memulihkan sel-sel lemak di sumsum tulang.

Dengan kata lain, meningkatkan sel-sel lemak di sumsum tulang meregenerasi sel-sel darah yang sehat sambil membunuh sel-sel leukemia yang bersifat kanker.