Facebook Libra

Mata uang Facebook Libra adalah mata uang digital baru yang akan segera diriliskan oleh Facebook. Mata uang digital sudah bukan lagi hal baru didengar oleh telinga kita dan masyarakat dunia. Beberapa tahun lalu mata uang digital yang sempat viral yaitu BitCoin. BitCoin berhasil bertahan hingga saat ini, dan memiliki peningkatan nilai yang tinggi. Facebook juga tidak ingin kalah, belakangan ini ramai dibicarakan yaitu Facebook Libra.

Facebook telah mengumumkan uang atau koin digital (cryptocurrency) yang telah dikembangkannya selama satu tahun belakangan ini. Cryptocurrency ini dinamakan Libra dan akan disebarkan pada semester awal 2020.

Proyek Facebook ini terbilang cukup agresif. Facebook ingin menargetkan untuk Libra ini bisa menjadi koin digital yang bisa digunakan oleh seluruh masyarakat dunia. Yang bisa digunakan melalui dunia maya atau berbelanja pada toko yang bekerja sama dengan Facebook. Libra memang memiliki kemiripan dengan BitCoin, yang sama-sama berbasis blockchain. Namun ada juga beberapa perbedaan juga dengan Bitcoin. BitCoin merupakan cryptocurrency yang beredar luas di pasar tanpa suatu pengelola.

Kelebihan Facebook Libra

Facebook Libra ini akan diedarkan melalui pengawasan dan dikendalikan melalui suatu lembaga yang bernama Libra Association. Perusahan ini berkantor di Jenewa, Swiss. Dengan memiliki banyak anggota termasik Paypal, Uber, Mastercard, Visa dan Facebook.

Pada Bitcoin anda tidak memiliki suatu asset dasar yang bisa menjadi jaminan. Sebaliknya pada Facebook Libra ada aset dasar yang menjamin. Aset yang ada adalah deposito bank dan surat berharga yang dipegang oleh network of custodian yang diotoriasi oleh Libra Association. Adanya asset dasar ini akan berguna untuk membuat para pengguna percaya dan merasa aman. Karena akan lebih jelas dan bisa lebih terbaca fluktuasinya.

Dan dari segi keamanan dan privasi juga Bitcoin bisa digunakan untuk transaksi sebagai anonym atau tidak mengetahui penjual/pembelinya. Sedangkan Libra harus melalui proses yang mengharuskan anda mengetahui dulu customer anda. Proses ini mengharuskan anda melakukan verifikasi dan konfirmasi indentitas dari pengguna untuk mencegah terjadinya tidak penipuan.

Anda juga diharuskan untuk mendaftarkan akun resmi yang sudah ditetapkan sehingga informasi mengenai identitas bisa diketahui dengan jelas.

Mentri keuangan Amerika Serikat (AS) Mnuchin mempertanyakan ambisi dari Facebook meluncurkan mata uang Libra ini. Yang sebenarnya bisa disalahgunakan seperti untuk pencucian uang, human trafficking atau perdagangan manusia, dan bahkan pendanaan terorisme. Mnuchin juga memperingatkan kekhawatiran besar mengenai peluncuran Facebook Libra ini. Dan Mnuchin menganggap ini sebagai isu keamanan nasional. Melalui kantornya di Gedung Putih, Washington.

Namun Sebelumnya Presiden Donald Trump juga sempat mengatakan bahwa Libra tidak bisa begitu diandalkan. “Saya bukan penggemar Bitcoin atau cryptocurrency lainnya yang sebenarnya bukan uang, nilainya rapuh dan sangat bergantung pada medium tipis” kata Presiden AS melalui akun twitternya. Bila Facebook dan semua perusahaan ingin menggunakan Facebook Libra ini, maka mereka harus menyetujui regulasi ketat dari bank. Sepertinya pemerintah AS sangat was-was akan kemunculan dari mata uang Facebook Libra ini.

Baca Juga : 4 Pemain Sepakbola Pensiun Dini