Apa Itu Keto Diet Yang Sedang Hits?

Agen Sbobet Pasti Bayar – Ada apa dengan keto? Kok tiba-tiba jadi trending? Ketika orang memikirkan karbohidrat, mereka sering membayangkan makanan berbahan dasar gandum, seperti roti dan pasta. Meskipun benar bahwa makan terlalu banyak karbohidrat sederhana, seperti gula rafinasi, dapat berdampak negatif terhadap kesehatan masyarakat secara keseluruhan, karbohidrat ada dalam makanan sehat dan tidak sehat.

Jenis utama karbohidrat dalam makanan termasuk gula, pati, dan serat, yang ada dalam buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Istilah karbohidrat mengacu pada sekelompok molekul yang dapat dipecah sel menjadi gula sederhana yang disebut glukosa.

Glukosa bertindak sebagai sumber energi utama tubuh karena sel dapat dengan mudah mengubahnya menjadi adenosin trifosfat (ATP) melalui proses yang disebut glikolisis.

Orang yang mengikuti diet keto mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah sangat kecil, biasanya membatasi asupannya hingga kurang dari 50 gram (g) per hari. Asupan terbatas ini berarti bahwa tubuh mereka akan membutuhkan sumber energi alternatif.

Pada awalnya, tubuh akan memanfaatkan simpanan glikogennya. Glikogen adalah bentuk glukosa yang lebih besar dan lebih kompleks yang dimetabolisme tubuh setelah membakar semua glukosa yang tersedia.

Ketika tubuh telah kehabisan simpanan glikogennya, hati mulai mengubah asam lemak menjadi molekul yang larut dalam air yang disebut tubuh keton. Sel-sel dapat menggunakan tubuh keton ini sebagai sumber energi alternatif ketika glukosa tidak tersedia. Ketika ini terjadi, tubuh memasuki kondisi ketosis.

Keuntungan Keto Bagi Kesehatan

Menurut penelitian, diet keto mungkin memiliki manfaat kesehatan di luar penurunan berat badan. Ini termasuk:

  • meningkatkan kontrol gula darah
  • mengurangi kadar trigliserida
  • menurunkan kadar kolesterol total

Para penulis dari tinjauan literatur 2018Trusted Source mencatat bahwa bukti klinis menunjukkan bahwa diet keto dapat mengurangi stres oksidatif dan peradangan.

Mereka juga menemukan bukti untuk mendukung penggunaan diet keto untuk mengobati berbagai kondisi neurodegenerative dan neuroinflamasi, seperti:

  • penyakit Alzheimer
  • sakit kepala migrain
  • epilepsi