Anggur Merah Bisa Membantu Penderita Diabetes Tipe 2

Agensbobetpastibayar.net – Segelas anggur merah sehari dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mengelola kolesterol untuk pasien dengan diabetes tipe 2. Informasi ini ditemukan dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine.

Konsumsi alkohol moderat telah dikaitkan dengan peningkatan angka kematian kardiovaskular dan total, dan segelas anggur merah sehari sebagai bagian dari diet sehat telah dianggap bermanfaat untuk beberapa waktu.

Ada bukti bahwa diabetes tipe 2 kurang lazim di kalangan peminum moderat, namun keseimbangan risiko-manfaat kontroversial untuk pasien tersebut, karena kurangnya penelitian acak jangka panjang.

Para peneliti dari Universitas Ben-Gurion dari Pusat Medis Negev-Soroka dan Pusat Penelitian Nuklir Negev, Israel, bertanya-tanya apakah anggur merah dan putih dapat meningkatkan kontrol glukosa, tergantung pada metabolisme alkohol dan profil genetik.

Penelitian sebelumnya telah menyarankan bahwa etanol (alkohol) adalah kuncinya, yang berarti bahwa minuman beralkohol selain anggur merah juga dapat bermanfaat; yang lain mengklaim bahwa anggur merah memiliki sifat yang sangat menguntungkan.

Manfaat Terhadap Penderita Diabetes Tipe 2

Penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular, serta kadar kolesterol HDL “baik” yang lebih rendah. Kadar kolesterol HDL yang tinggi dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, karena ia menyerap kolesterol dan membawanya kembali ke hati, di mana ia dikeluarkan dari tubuh.

Haruskah pasien dengan diabetes tipe 2 direkomendasikan untuk mengambil konsumsi alkohol moderat? American Diabetes Association (ADA) menyerahkan keputusan kepada individu; American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk mendiskusikan alkohol dengan dokter.

Para peneliti ingin mengetahui apa efek kardiometabolik ketika pasien dengan diabetes tipe 2 mulai minum alkohol dalam jumlah sedang; mereka juga ingin menilai apakah jenis anggur itu penting.

Mereka berhipotesis bahwa memulai konsumsi anggur moderat akan menurunkan risiko kardiometabolik, terutama karena komponen etanol. Mereka memperkirakan efek yang sama dari anggur merah dan putih. Karena variabilitas genetik dalam metabolisme alkohol, mereka memperkirakan bahwa efek anggur akan bervariasi sesuai dengan genotipe ADH1B.

224 peserta adalah pria dan wanita abstain alkohol berusia 40-75 tahun yang terkontrol dengan baik.

Di antara yang dikecualikan adalah: orang sudah minum lebih dari satu minuman beralkohol per minggu, siapa pun dengan riwayat kecanduan dan pasien menggunakan dua atau lebih suntikan insulin sehari.

Pengukuran yang dilakukan pada awal termasuk penanda genetik, tekanan darah, biomarker hati, penggunaan dan gejala pengobatan, dan kualitas hidup.

Dari Juni 2010 hingga Mei 2012, peserta secara acak diberikan 150 mL air mineral, anggur putih atau anggur merah dengan makan malam. Anggur dan air mineral disediakan. Semua kelompok mengikuti diet Mediterania tanpa pembatasan kalori. Pada interval waktu, sampel darah diambil, kuesioner diisi dan sesi kelompok dihadiri.

Profil lipid dan kontrol glikemik terutama diukur. Hasil sekunder termasuk kadar trigliserida, tekanan darah, lingkar pinggang, interaksi genetik, penggunaan obat, tes fungsi hati dan indikator kualitas hidup.