5 Macam Olahraga Bela Diri

Ilmtu Olahraga Bela Diri adalah ilmu yang sangat bermanfaat bagi semua manusia, dan memberikan dampak yang positif bagi kehidupan bila kita mengikutinya dengan benar. Mungkin belakangan ini kita sering mendengar banyak berita mengenai tidak kekerasan dalam rumah tangga ataupun kepada anak dibawah umur beberapa tahun terakhir.

Adanya berita ini pasti membuat diri kita dan para orangtua khawatir akan keamanan. Beranjak dari hal ini, orangtua jadi ingin memberikan perlindungan yang lebih bagi sang anak. Salah satu cara yang efektif untuk bisa memberikan perlindungan bagi kita yaitu dengan belajar seni olahraga bela diri.

Seni Olahraga Bela Diri

Seni atau ilmu bela diri juga bisa juga diartikan dengan olahraga yang menyehatkan dan menyegarkan bagi tubuh kita. Selain itu dengan mempelajari seni bela diri anak bisa melatih pikiran, jiwa dan fisiknya. Pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan ada 5 macam olahraga bela diri pilihan yang cocok untuk anda sebagai bentuk ilmu pertahanan diri.

  1. Olahraga Bela Diri Karate

Karate merupakan jenis seni bela diri yang sudah populer dan banyak digunakan. Dalam seni bela diri karate, anda harus melatih kekuatan fisik anda tanpa menggunakan alat atau senjata. Pada filosofi karate yang tradisional mengajarkan bahwa seni bela diri ini untuk memabntu bertahan hidup, tidak dijadikan alat untuk melawan. Namun seiring perkemabngan jaman karate ini sering disalah gunakan sebagai alat untuk melawan dan menindas yang lemah.

Karate ini sangat cocok abgi anda yang gemar menggunakan kaki dan tangan. Karena mayoritas gerakan yang terdapat dalam olahraga bela diri ini melakukan gerakan menendang dan memukul. Selain itu anda akan belajar keseimbangan tubuh. Biasanya ada pelajara moral juga yang diberikan sehingga bisa berguna dalam menumbuhkan disiplin dan xxnilai hidup yang positif.

  1. Tae Kwon Do

Olahraga bela diri yang satu ini berasal dari negara Korea, Tae Kwon Do adalah salah satu jenis bela diri yang populer di dunia juga. Olahraga ini serupa dengan karate, namun tidak sama dalam beberapa aturan dasar dan prinsipnya. Namun Tae kwon do juga mengutamakan pada gerakan tendangan, pukulan dan lompatan.  Sikap disiplin dibutuhkan dalam berlatih Tae kwon do untuk bisa menjadi mahir.

  1. Olahraga Bela Diri Judo

Dalam olahraga bela diri judo, anda akan diajarkan mengedepankan prinsip, kedisiplinan, kekuatan, stamina, ketahanan serta rasa percaya diri. Kelas judo juga mengajarkan untuk kita bisa mengendalikan diri dan menghormati lawan. Biasanya pelajaran olahraga bola diri Judo ini berfokus pada pertahanan, sehingga memaksa musuh untuk menyerah.

Dalam olahraga Judo juga terdapat kelas-kelas yang bisa membuat kita semakin terpacu untuk bisa naik kelas atau ranking ke yang lebih tinggi. Sesuai dengan kemampuan kita olahraga ini bisa mengembangkan potensi kita lebih lagi.

  1. Jujitsu

Jujitsu merupakan olahraga bela diri yang mengajarkan anda bagaimana bisa menghadapi lawan yang lebih besar dari kita. Sehingga bila diri anda kecil dan lambat, anda bisa tetap percaya diri. Filosofi dari olahraga ini memang membuat kita bisa percaya diri dalam menghadapi musuh yang lebih besar dan kuat. Selain itu, dengan belajar Jujitsu anda akan diajarkan untuk mengeluarkan dan memberikan yang terbaik dalam menjalani aktivitas kita. Sehingga kita bisa yakin dalam melakukan hal-hal yang dulu kita tidak dapat lakukan.

  1. Aikido

Aikido adalah olahraga yang mengajarkan kita untuk memiliki nilai positif dalam menghadapi konflik dengan tenang. Olahraga bela diri ini cocok untuk anda yang ingin difokuskan pada prinsip kerja sama. Bukan untuk saling melawan. Berbeda dengan jenis olahraga lainnya yang sangat membutuhkan kemampuan fisik. Pada Aikido anda dilatih juga secara pikiran dan kecerdasan anda untuk memecahkan suatu persoalan.

Aikido menanamkan nilai dan sikap menghadapi konflik dengan cara yang tenang. Olahraga bela diri satu ini cocok untuk si Anak karena dia akan difokuskan pada prinsip kerjasama, bukan untuk berkelahi maupun melawan lawan. Selain itu juga kemampuan bersosialisasi akan dikembangkan melalui olahraga bela diri ini.

Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan melakukan olahraga bela diri, selain untuk kebugaran fisik. Beberapa manfaat positif yang bisa anda dapatkan antara lain :

  • Anda bisa menimbulkan rasa percaya diri dan rasa hormat terhadap sesama
  • Akan diajarkan skill kepemimpinan
  • Disiplin lebih ditanamkan melalui latihan-latihan yang ada
  • Ketahanan serta kesehatan fisik dan pikiran yang lebih baik
  • Mental jadi terlatih
  • Lebih aman menghadapi serangan dan bisa membela diri
  • Jadi belajar cara bekerja sama

Pada dasarnya semua jenis olahraga bela diri ini mengajarkan kita untuk menyelesaikan konflik tanpa kekerasan. Namun untuk ilmu pertahanan diri akan sangat berguna.

Baca Juga : 7 Olahraga Sensasional