5 Jenis Olahraga Ekstrim

Umumnya olahraga ekstrim merupakan adaptasi dari suatu cabang olahraga. Secara umum olahraga merupakan hal yang perlu setiap manusia lakukan untuk menjaga keburgaran tubuhnya. Berpengaruh penting peranan olahraga bagi kesehatan psikis dan fisik kita. Biasanya olahraga dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Namun seiring perkembangan jaman, sekarang banyak jenis olahraga di dunia. Dan banyak juga tujuan olahraga yang berbeda dari dasarnya. Menjadi sarana hiburan, dan tidak sedikit juga untuk memacu adrenalin. Berikut ini kami berikan beberapa informasi mengenai olahraga ekstrim yang ada di dunia.

Saat ini sudah ada banyak olahraga ekstrim yang dilakukan untuk mendapatkan sensai yang berbeda. Dan biasanya olahraga ekstrim memilik risiko yang tinggi. Hingga bisa menantang maut, dengan adanya olahraga ekstrim ini banyak yang telah mengalami cidera dan kemalangan. Namun tetap ada peminatnya dan semakin banyak sampai saat ini.

5 Jenis Olahraga Ekstrim

  1. Elevator Surfing

Olahraga ini adala salah satu jenis olahraga ekstrim yang illegal, dan tidak banyak orang yang berani melakukannya. Olahraga dini dilakukan di lift gedung pencakar langit. Dalam olahraga ini tidak menggunakan alat bantu khusus. Yang diperlukan hanyalah kekuatan fisik, sepatu olahraga dan nyali yang besar.

Dilakukan dengan melompat dari atas ruang lift ke atas ruang lift lainnya, saat kedua lift sedang bergerak. Saat lift bergerak naik dan turun, maka disaat itu elevator surver melakukan kegiatannya melompati diantara kedua lift tersebut.

Risiki olahraga ini sangat tinggi. Bila anda terjatuh bisa tertabrak lift yang sedang bergerak naik dan turun.

  1. Panjat Tebing

Olahraga panjat tebing juga merupakan olahraga ekstrim yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Olahraga  ini dimainkan di alam terbuka dana lam bebas.

Kegiatan yang dilkukan seperti memanjat gunung, namun tidak dapat dilakukan dengan tangan kosong saja. Harus diperlengkapi oleh alat bantu khusus . Dan untuk melakukan olahraga ini anda harus mengerti tekniknya, dan memiliki standar fisik yang tinggi. Anda dituntut untuk memiliki mental, fokus dan kekuatan fisik yang tinggi.

Bila ada salah satu saja yang tidak mendukung, maka olahraga ini akan sangat berisiko untuk anda. Namun ada banyak rute panjat tebing di seluruh duni, yang memiliki variasi tingkat kesulitan. Ada yang mudah, ada yang sangat sulit dan panjang. Resiko dari olahraga ini biasanya memar dan lecet di sekujur tubuh.

  1. Base Jumping

Base Jumping merupakan salah satu dari jenis Olahraga Ekstrim paling riskan di dunia. Beberapa negara tertentu saja yang mempraktekan olahraga ini. Pada dasarnya serupa dengan terjun payung, namun yang membedakan adalah pada pendaratannya.

Base jumping memiliki waktu pendaratan yang lebih singat, dan memiliki kesempatan untuk berhasil lebih kecil. Pelaksana olahraga ini disebut juga dengan Jumper. Jumper akan menjatuhkan diri dari ketinggian tertentu. Dan saat menjatuhkan diri, maka jumper harus membentangkan parasutnya dengan baik sebelum mendarat dengan aman.

  1. Slacklining

Slacklining adalah olahraga ekstrim yang sangat menantang. Dimainkan dengan menggunakan seutas tali khusus seperti niwon. Olahraga ini mengharuskan seorang slackliner bermain di tengah ketinggian dengan media seutas tali yang diikatkan kepada 2 sisi yang tertancap.

Biasanya dilakukan di tebing. Dengan menancapkan kedua sisi tali pada sesuatu yang kokoh seperti tebing,batang pohon dan lain-lain. Slackliner harus beraktraksi diatas tali tersebut.

  1. Olahraga Ekstrim Bull Riding (Rodeo)

Bull Riding adalah jenis olahraga ekstrim yang sudah umum dan menjadi tontonan masyarakat latin, kshususnya spanyol dan mexico. Olahraga ini tergolong ekstrim, karena menggunkan sebuah hewan liar yaitu banteng.

Banteng ini pada umumnya akan mengamuk dan bull rider harus menaklukannya dengan bertahan menunggangi di atas punggung sang banteng. Bila rider terjatuh atau terpental dari punggung banteng, biasanya akan langsung diserang oleh sang banteng. Bila tidak beruntung, olahraga ini bisa menyebabkan kematian.