4 Jenis Olahraga Air

Jenis Olahraga Air adalah aktivitas fisik yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Selain untuk meningkatkan kesehatan tubuh, beberapa jenis olahraga air juga dapat dijadikan sarana untuk bersantai saat kita megalami kepenatan.

Olahraga juga dapat meningkatkan metabolisme serta mempengaruhi kelenjar di dalam badan. Yang akan menghasilkan sistem kekebalan tubuh dan berguna untuk menghilangkan stress. Maka dari itu alangkah baiknya bila seseorang melakukan olahraga secara rutin dan terjadwal.

Agar manfaat yang diperoleh lebih sempurna, para ahli mengajurkan untuk berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu. Akan tetapi lebih baiknya apabila hal ini dilakukan setiap hari selama 20-30 menit. Selain dilakukan secara rutin, seseorang juga harus melakukan kegiatan ini dengan menggunakan teknik yang tepat sesuai jenis olahraganya.

4 Jenis Olahraga Air Populer

  1. Berenang

Renang adalah Olahraga Air yang mengerakkan tubuh dengan bergerak di dalam air dengan menggunakan tangan dan kaki. Berenang bisa dikatakan berpindah tempat saat kita berada di dalam air dengan suatu teknik yang tepat. Atau bisa dikatakan sebagai berjalan namun kita berada di dalam air.

  1. Polo Air

Polo air adalah salah satu cabang olahraga air yang dimainkan dengan berkelompok. Walaupun terlihat menarik, tetapi olahraga ini masih tidak begitu dikenal oleh sebagian besar masyarakat pada umumnya .

Satu tim polo air, terdiri dari tujuh pemain termasuk penjaga gawang di setiap tim. Peraturan olahraga ini mirip seperti peraturan sepak bola, yaitu dengan memasukkan bola agar mendapatkan bonus.

Olahraga air Polo merupakan salah satu cabang olahraga yang telah dipertandingkan di Indonesia. Pekan Olahraga Nasional (PON) yang pertama juga mengikutsertakan olahraga air ini. Pada tahun 1948 yang dilaksanakan di kota Solo.

  1. Olahraga Air Renang indah

Renang indah atau dalam bahasa inggris disebut dengan synchronized swimming. Adalah suatu olahraga air yang memadukan dari unsur-unsur renang, senam dan tari. Olahraga ini biasanya dipertandingan tunggal, atau beregu dan ada juga trio. Olahraga ini memadukan antara kekuatan fisik dengan kemahiran dan keindahan nilai seni. Kemampuan menahan nafas di dalam air juga sangat penting. Olahraga ini mulai berkembang di Negara Kanada pada awal tahun 1900-an, Namun olahraga ini hanya didominasi oleh kaum wanita.

Untuk bisa menjadi seorang atlet renang indah harus memiliki kekuatan fisik yang baik dan kelenturan tubuh dan juga kemampuan aerobik. Di Indonesia sendiri olahraga ini berada dalam naungan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI).

  1. Snorkeling

Snorkeling adalah olahraga olahraga air yang menyelam dengan menggunakan peralatan khusus. Peralatannya adalah scuba dan snorkel. Peralatan ini akan menunjang anda untuk lebih mudah bergerak dengan leluasa di dalam air.

Olahraga ini bisa dimainkan oleh semua orang, dengan syarat utama bisa berenang. Dan penyelam biasa memakai baju selam agar tubuhnya tetap hangat. Dan selain untuk bisa menghangatkan tubuh. Karena baju selam di desain untuk bisa menjaga dan menghangatkan tubuh serta agar tidak terlukai oleh karang.

Cabang olahraga air ini juga telah popular untuk kegiatan rekreasi dan untuk bersantai. Terutama pada daerah pantai beriklim tropis dan biasnaya pada permukaan yang dangkal. Karena anda bisa melihat semua keindahan alam bawah lautnya, seperti flora dan faunanya.

Baca Juga : 5 Keuntungan Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh