5 Alasan Zinedine Zidane Tidak Akan Mampu Mengulang Kesuksesannya di Real Madrid

Kembalinya Zinedine Zidane untuk menjadi pelatih utama Los Blancos menggantikan Santiago Solari, yang sebelumnya juga sudah menggantikan Julen Lopetegui. Hal tersebut menyebabkan suasana di club asal Spanyol tersebut kembali berada dalam keadaan yang ideal setelah sebelumnya diwarnai oleh atmosfir negatif dalam sebagian besar musim 2018/19.

Tetapi sang pelatih akan mengalami kesulitan yang jauh lebih tinggi ketimbang saat ia pertama kali menangani tim senior Los Blancos pada pertengahan musim 2015/16 dan akan mendapatkan risiko yang tinggi untuk mengalami kegagalan.

Berikut adalah lima alasan mengapa Zinedine Zidane tidak akan mampu mengulangi kesuksesannya di Real Madrid dalam pengalaman keduanya sebagai pelatih utama.

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane

Real Madrid memiliki deretan pemain berpengalaman tinggi yang sudah pernah merasakan kesuksesan yang luar biasa bersama klub tersebut. Lini belakang mereka diisi oleh Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, dan Marcelo. Lini tengah dengan Casemiro, Luka Modric, dan Toni Kroos. Sementara di lini depan terdapat Karim Benzema, Lucas Vazquez, Gareth Bale, dan Isco.

Namun sepanjang musim 2018/19 sebagian besar pemain-pemain kunci mereka tidak dapat tampil maksimal. Berbagai faktor seperti peningkatan usia, kelelahan akibat berpartisipasi pada kompetisi internasional seperti Piala Dunia Rusia 2018, dan tekanan mental yang terlalu tinggi dapat dianggap sebagai penyebab utama kejadian tersebut.

Zinedine Zidane perlu segera mengembalikan performa pemain-pemain tersebut ke tingkat puncak, dan itu bukan merupakan tugas yang mudah untuk dilakukan dalam waktu yang singkat.

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, penurunan performa dari pemain-pemain kunci yang dimiliki oleh El Real membuat mereka membutuhkan pemain-pemain baru yang lebih muda untuk meningkatkan kualitas dan kedalaman skuat mereka.

Zinedine Zidane perlu memanfaatkan opsi yang dimilikinya di tim Castilla dan mencari pemain-pemain tepat sepanjang bursa transfer musim panas 2019 yang dapat langsung menjadi pilihan utama baginya untuk musim berikutnya.

Bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan mengingat mereka juga sudah mengumumkan rencana untuk melakukan renovasi terhadap stadion mereka, Santiago Bernabeu, yang akan membutuhkan dana yang sangat tinggi.

BACA JUGA: Jangan Takut Belajar Saham