Variasi Sepakbola

Jenis Variasi Sepakbola ada banyak di dunia, namun variasi olahraga ini masih banyak yang belum diketahui orang. Namun bila kita berbicara sepakbola saja maka ini merupakan olahraga yang paling populer di seluruh dunia, dan ternyata sepakbola memiliki banyak variasi loh. Tidak seluruh masyarakat mengetahui hal ini. Dengan menggunakan alat berupa bola yang berbentuk bundar namun memiliki struktur peraturan yang berbeda-beda.

Pada kesempatan kli ini ingin kami klasifikasikan beberapa variasi jenis sepakbola yang dimainkan di dalam ruangan dan diluar ruangan.

Secara garis besar sepakbola telah dirancang untuk mempertandingkan 2 belah pihak. Yang setiap pihak atau tim memiliki jumlah pemain yang sudah ditentukan. Ada permainan sepakbola yang 1 tim terdiri dari 5 orang, ada yang terdiri dari 11 orang. Berikut ini kami jelaskan lebih detil lagi.

Beberapa Jenis Variasi Sepakbola

Sepakbola Wanita

Sepakbola wanita merupakan Variasi Sepakbola yang anggotanya terdiri dari wanita. Tidak jauh berbeda dengan olahraga sepakbola yang umum, cara bermain dan peraturannya secara garis besar masih sama. Dan olahraga Sepakbola wanita ini sudah memiliki sekitar 180 tim dari seluruh dunia. Tentunya memiliki liga kompetisi yang sama bergengsi dengan sepakbola pria. Ada event Piala dunia wanita, kejuaraan wanita UEFA wanita. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sepakbola Pantai (Beach Football)

Sepakbola pantai, merupakan Variasi Sepakbola yang dimainkan di ruang terbuka, yaitu di pantai sebuah tempat yang berpasir. Permainan ini lebih membutuhkan kelincahan dan pembiasaan. Karena saat bermain di pasir akan berbeda rasanya dibandingkan bermain di tanah atau pijakan yang lebih solid.

Sepakbola Indoor (Futsal)

Futsal merupakan Variasi Sepakbola yang memiliki luas lapangan relatif kecil bila dibandingkan dengan variasi yang lainnya. Oleh karena itu, jumlah pemain yang bisa bermain di lapangan adalah 10 orang saja. Masing-masing tim beranggotakan 5 orang. Namun setiap tim juga diperbolehkan memiliki pemain cadangan. Lapangan permainan futsal ini dibatasi oleh garis yang mengelilingi seperti lapangan sepakbola.

Sepakbola Paralimpiade (Paralympic Football)

Sepakbola paralimpiade merupakan variasi sepakbola yang diciptakan untuk orang atau atlet yang menderita cacat fisik, mental atau sensori. Cacat ini bisa dalam banyak bentuk, seperti cacat pengelihatan, mobilitas, pendengaran dan lain-lain. Sehingga semua atlet yang menderita cacat ini bisa saling bertanding dengan lawan yang sepadan.

Sepakbola Jalanan (Street Football)

Permainan sepakbola jalanan ini mulai populer pada abad 20-an. Dan permainan ini pada awalnya dilakukan hanya untuk menghibur dan sebagai sarana latihan saja. Namun karena banyak penggemarnya, lama kelamaan terbentuklah komunitas sepakbola jalanan ini. Yang kemudian berkembang dan terus dikembangkan sehingga menjadi salah satu variasi dari permainan sepakbola. Permainan sepakbola jalanan ini tidak menggunakan lapangan yang besar, dan tidak harus mengikuti persyaratan permainan sepakbola formal.

Sepakbola 5 pemain (five-a-side Football)

Sesuai dengan namanya, Sepakbola 5 pemain ini hanya terdiri dari 5 pemain dari masing-masing tim. Sama seperti futsal. Namun yang menjadi perbedaan permainan ini memiliki durasi permainan yang lebih sebentar. Permainan ini dimainkan pada lapangan hijau yang indoor atau semi indoor.

Baca Juga : 7 Jenis Olahraga Unik