5 Trik Investasi Saham

Trik Investasi saham jaman sekarang beda dengan jaman dulu. Kalau dulu beli saham melalui pialang atau broker. Sekarang sudah ada yang namanya saham online. Anda hanya memerlukan ponsel pintar/smartphone atau laptop dan koneksi Internet aja.

Selain itu, keuntungan lainnya anda juga tidak perlu lagi menyimpan surat fisik tercetak yang menyatakan anda sebagai pemilik saham, jadi bisa lebih praktis. Sebab bukti kepemilikan saham sekarang ini bentuknya sudah bisa digital.

Ada yang bilang investasi saham online susah-susah gampang. Bahkan beberapa mengatakan lebih banyak bagian susahnya. Sebenarnya, trik investasi saham tidak sesulit itu kok asal kita mengetahui trik-triknya.

5 Trik Investasi Saham Efektif

Istilah Blue Chip, Secon Liner, dan Junk Stocks

Ada beberapa istilah penting dalam bursa saham yang perlu anda ketahui. Beberapa yang perlu anda tahu adalah Blue Chip, Second Liner, dan Junk Stocks.

Ketiga istilah itu untuk mengelompokkan jenis-jenis saham berdasarkan kapitalisasi pasarnya. Hal ini perlu diketahui untuk bisa belajar trik investasi saham.

Kapitalisasi pasar adalah jumlah saham yang beredar dikali dengan harga saham. Dari sini anda akan mudah mengenali saham Blue Chip, Second Liner, atau Junk Stocks.

Saham Blue Chip itu nama lain dari saham lapis satu yang kapitalisasi pasarnya di atas Rp 40 triliun. Sementara Second liner sama dengan saham lapis dua dengan kapitalisasi pasar Rp 500 miliar-Rp 10 triliun. Dan terakhir Junk Stocks atau lapis tiga dengan kapitalisasi pasar di bawah Rp 500 miliar.

Saham online cenderung likuid

Istilah likuid dalam trik investasi saham yang kami maksudkan di sini adalah berarti saham tersebut mudah untuk diperdagangkan. Keuntungan memiliki saham likuid adalah, anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menjualnya atau menunggu waktu yang lama sebelum terjual. Bagi anda yang memang focus ingin menjadi trader. Saham likuid dan gak likuid harus sering-sering diperhatikan.

Jadi dengan mengandalkan jadi investor dari saham yang gak likuid, anda menerima dividen (untung perusahaan) dari saham setiap tahunnya. Cuma anda benar-benar harus selektif memilih saham yang bakal dibeli biar di masa mendatang gak merugi.

Analisis fundamental dan teknikal

Beli saham online tentu perlu analisis. Tidak asal menebak dengan mengandalkan feeling lalu untung seperti judi. Tentu sebelum memutuskan saham mana yang ingin dibeli, anda perlu analisis dulu.

Analisis fundamental adalah  analisis paling dasar yang perlu anda lakukan. Analisis buat mengetahui sehat tidaknya perusahaan yang dilihat dari kinerja dan laporan keuangannya. Sementara analisis teknikal adalah analisis yang dilakukan dengan melihat histori pergerakan dari harga saham. Biasanya analisis teknikal ini menggunakan grafik atau chart.

Psikologi Trik Investasi Saham

Beli saat merah, jual saat hijau

Prinsip trik investasi saham yang dari dulu sampai sekarang masih diyakini adalah jual saat harga naik, beli saat harga turun. Kalau anda perhatikan grafik atau indeks harganya, warna merah menandai turunnya harga saham. Sebaliknya, warna hijau menandai naiknya harga saham.

Buat anda yang masih pemula, anda bisa menggunakan prinsip ini ketika hendak membeli saham online. Dan jangan lupa baca keadaan pasar atau berita-berita yang sedang beredar agar anda bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual.

Jangan Panik

Ada kalanya indeks harga saham turun dalam waktu yang cukup lama. Dan juga tidak sedikit investor atau trader saham yang panik dengan situasi seperti ini.

Hal ini wajar, karena siapa juga yang ingin rugi karena kehilangan uang investasi? Seandainya anda mengalami situasi ini. Satu hal yang perlu dilakukan adalah jangan panik.

Kalau kata Warren Buffet, masternya pasar modal, “jangan terlalu dekat melihat pasar.” Justru pada saat turun adalah kesempatan, beli saham-saham yang diincar saat harganya murah (buy). Kemudian tunggu sampai harga naik kembali (hold).

Memanng butuh waktu untuk benar-benar mengerti semua hal yang berkaitan dengan saham. Setidaknya, dengan menerapkan trik-trik di atas, anda udah berada di jalur yang tepat untuk meraih untung.

Satu hal lagi yang perlu anda pahami dalam trik investasi saham, termasuk saham online, adalah jangan pernah berhenti belajar dan mencari tahu. Selamat mencoba ya!

Untuk pengetahuan secara lebih luas mengenai Bursa Saham, anda juga bisa membaca: Informasi Penting Mengenai Bursa Saham