Sejarah Singkat Sepak Bola

Sejarah Singkat Sepak Bola – Permainan Sepakbola adalah olahraga paling fenomenal dan populer hingga saat saat ini. Tidak ada olahraga yang mampu melebihi ketenaran olahraga di bidang sepakbola. Dalam beberapa tahun terakhir, sepakbola dijadikan sebuah industri yang juga melibatkan perputaran uang di dalamnya. Aktivitas jual beli pemain sepak bola ini dengan harga selangit merupakan sebuah hal yang wajar bagi klub-klub papan atas. Nah, sebelum kita melangkah lebih jauh lagi membahas olahraga sepakbola. Ada baiknya kita simak dahulu sejarah singkat olahraga ini.

Sepakbola merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang berlawanan dengan masing-masing tim yang mempunyai anggota maksimal sebelas orang. Saking tenarnya. Olahraga ini telah dimainkan lebih dari 180 negara dengan berbagai jenis kejuaraan yang dikomando oleh FIFA (organisasi yang mengatur persepakbolaan dunia). Dalam permainan sepakbola, tujuan utamanya adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya untuk mencari kemenangan. Adapun bola yang digunakan berukuran 27-28 inci. Sedangkan lapangan yang dipakai dalam permainan ini mempunyai lebar 60-100 yard dan panjang 110-300 yard. Di bagian ujung lapangan, terdapat gawang sebagai tempat mencetak gol yang telah diberikan pembatas jaring dengan ukuran tinggi 8 kaki dan lebar 24 kaki.

Sejarah Singkat Sepak Bola

Sejarah Singkat Sepak Bola dimulai sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di Cina tepatnya di masa dinasti Han. Pada saat itu, masyarakat menggiring bola kulit untuk kemudian menendangnya ke dalam jaring kecil. Permainan yang sama atau sejenis juga sudah pernah dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Sedangkan di negara Italia, permainan seperti ini juga mulai digemari terutama pada abad ke-16.

Sejarah Singkat Sepak Bola – Pada awalnya sepak bola modern baru mulai berkembang di negara Inggris dan banyak digemari oleh penduduknya. Dalam beberapa kompetisi yang banyak diadakan, permainan ini banyak menimbulkan cidera dan juga kekerasan selama pertandingan. Hal tersebut dikarenakan oleh belum terbentuknya aturan-aturan yang baku dalam sepakbola. Akhirnya pada tahun 1365, Raja Edward III sempat melarang olahraga ini dimainkan. Bahkan, Raja James I dari Skotlandia juga sangat mendukung larangan tersebut. Demi mencegah kekerasan yang terus terjadi dalam lapangan sepak bola.

Pada tahun 1815, sudah terjadi sebuah perkembangan pesat. Perkembangan ini menyebabkan olahraga sepakbola mulai terkenal di lingkungan universitas dan juga sekolah. Pada tahun 1863, sepak bola mulai lahir kembali di Freemasons Tavern. Pada saat itu sebelas sekolah dan klub berkumpul untuk merumuskan aturan baku dalam permainan sepakbola.

Pada tahun 1905, sebuah asosiasi tertinggi sepakbola dunia (FIFA) terbentuk dan pada awal tahun 1900an, sudah banyak kejuaraan sepak bola yang dijalankan di seluruh dunia. Ulasan singkat ini sengaja kami sediakan untuk masyarakat. Semoga bisa bisa bermanfaat bagi Anda semua, terima kasih.