Sejarah Neymar

Neymar da Silva Santos Junior atau yang akrab dikenal sebagai Neymar ialah pesepakbola yang lahir di Mogi das Cruzes, Brazil, 5 Februari tahun 1992. Yang merupakan anak dari pasangan Neymar da Silva Sr. dan ibunya Nadine Santos.

Profesi ayahnya sebagai mantan pesepakbola menginspirasinya tertarik dengan olahraga. Ia bergabung dengan klub bola pertamanya yaitu, Portuguesa Santista, saat usianya 11 tahun. Namun tidak sampai satu tahun ia mesti meninggalkan klub itu. Hal ini diakibatkan oleh kepindahan keluarganya ke kota Santos.

Bakat Seorang Neymar

Bakat bola Neymar membuatnya dibidik akademi sepakbola klub Santos FC. Singkat cerita kemudian ia sah bergabung dengan akademi yang telah melahirkan sederet pemain sepakbola familiar di Brazil itu pada tahun 2003.

Meski begitu Neymar tak langsung populer. Ia melalui 6 tahun sebelum resmi bertanding. Debut perdananya di lapangan dengan kesebelasan Santos FC Senior terjadi 7 Maret 2009. Di usianya ke-17, pemain yang mendapat julukan Pele Masa Depan ini sukses membawa timnya menang 2-1 melawan Oeste. Ia mencetak 14 gol dari 48 pertandingan di musim perdananya itu.

Permainan gemilang kembali diperlihatkannya di musim 2010. Ia sukses membawa timnya menang ajang Campeonato Paulista 2010 dengan menorehkan 14 gol di sepanjang pertandingan.  Ia Kemudian tercatat melesatkan 42 gol pada musim 2010. Prestasi tersebut mengirimkannya menduduki posisi ketiga penghargaan South American Footballer of the Year 2010. Namanya juga disejajarkan dengan legenda bola Brazil lainnya seperti Robinho dan Pele.

Kepopuleran Neymar yang bertambah membuatnya dilirik kesebelasan sepakbola Inggris, West Ham United. Namun, ia yang menyatakan ingin konsentrasi di Brazil menolak tawaran kontrak sebesar 12 juta pounds (Rp 214 miliar). Meski begitu manajernya saat itu, Wagner Ribeiro, sadar benar kemauan atletnya untuk berkarir di Eropa.

Pencapaian Dalam Karir Neymar

Pesonanya kemudian sukses menarik perhatian Real Madrid. Di 2011, Los Blancos mengindikasikan ketertarikan mereka dengan menawarkan pre-kontraknya pada Neymar. Meski begitu pemain berusia 21 tahun ini memilih untuk memperpanjang kontrak dengan kesebelasan lamanya, Santos FC. Ia juga tampil gemilang di musim tersebut dengan meraih penghargaan ajang FIFA Award (2011) dan South American Footballer of the Year (2011).

Memasuki musim 2012, Neymar semakin tampil gemilang. Dia sukses mencetak gol ke-100 nya serta memborong sederet penghargaan seperti penghargaan Golden Ball pada tahun 2012, Runner-Up FIFA Puskas Award pada tahun 2012 dan South American Footballer of the Year pada tahun 2012. Meski sederet prestasi sukses diciptakannya bersama Santos FC, mimpinya bermain di laga Eropa membuatnya hijrah ke Barcelona. Ia resmi bergabung dengan Lionel Messi dan kawan-kawan, 25 Mei 2013 dengan masa kontrak 5 tahun.

Penampilannya di Barca mendapat sorotan publik. Pemain asal Brazil ini diinginkan dapat menyokong performa kesebelasan yang saat ini sedikit banyak bergantung pada Messi. Ia sukses mencetak gol pertamanya 7 Agustus 2013 melewati duetnya dengan Cesc Fabregas. Di samping itu, penampilan lincahnya di lapangan dinilai membuat pemain La Liga lainnya tidak dapat menghentikannya selain mendapatkan pelanggaran kepadanya. Neymar pulang dengan berhasil di laga perdana El Clasico Real Madrid vs Barcelona musim itu.

Dalam kehidupan pribadinya, ia menjadi sorotan saat dirinya diketahui sudah menjadi seorang ayah. Neymar ialah ayah dari bayi laki-laki mempunyai nama Davi Lucca yang lahir di Sao Paulo, Agustus 2011. Meski begitu ibu kandung dari bayi itu belum diketahui identitasnya.

Sementara itu, Neymar sekarang tengah menjalin asmara dengan model asal Brazil, Bruna Marquzine. Hubungan itu sempat menjadi pemberitaan saat ia muncul dalam suatu video cinta yang diputar di suatu acara dance yang dibuntuti Bruna.

Baca Juga : Langkah Trading Forex