Sejarah Lionel Messi

Lionel Andrés “Leo” Messi atau yang kerap dipanggil dengan “Leo” Messi, lahir di Rosario, 24 Juni 1987; umur 31 tahun. Merupakan seorang kapten untuk timans sepak bola Argentina yang saat ini bermain di FC Barcelona. Dan merupakan pemain dengan rekor pencetak gol terbanyak di Barcelona sepanjang sejarah. Prestasi gemilang Lionel Messi dapat dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang telah ia dapatkan sampai saat ini. Penghargaan Individual yang telah di dapatkannya jauh melebihi semua pemain yang ada.

Kehidupan Awal Lionel Messi

Namun sebelum familiar seperti saat ini, Messi tumbuh bersama kedua kakak laki-laki (Rodrigo dan Mati­as) serta seorang adik wanita (Maria Sol). Anak laki-laki ketiga dari pasangan pekerja pabrik baja dan ibu rumah tangga (Jorge Horacio Messi dan Celia Maria) ini dicetuskan di Rosario, Santa Fe Province, Argentina, 24 Juni 1987.

Pengalaman sepakbola diperoleh pemain berusia 26 tahun ini semenjak ia baru berusia 5 tahun. Pada umur yang masih paling muda tersebut, Messi kecil sudah bermain untuk suatu klub bola asuhan ayahnya, Grandiola. Menghabiskan 3 tahun bermain dengan skuad Grandiola, Messi menyimpulkan untuk pindah ke Newell’s Old Boys di usianya yang ke-8.

Tumbuh dan berkembang sebagai anak yang lincah dan gemar bermain bola. Namun Lionel Messi semasa kecil didiagnosa mengalami kelemahan hormon perkembangan di usianya yang ke-11 tahun. Keuangan keluarga yang tidak begitu baik menyebabkan orangtua Messi tidak dapat membayar ongkos keperluan terapi hormon yang sangat mahal. Yaitu sebesar 500 ribu poundsterling (9 miliar) dan itu harus dibayarkan setiap bulan. Untuk itu sang ayah menggali klub sepakbola yang dapat mengongkosi pengobatan putranya itu dan bertemulah dia dengan Carles Rexach, Direktur klub sepak bola Barcelona (1996).

Bergabung dengan klub ternama di Spanyol, Messi mengindikasikan talenta yang gemilang. Kemampuannya yang mumpuni membuat Messi tidak memerlukan waktu yang lama untuk dapat masuk ke dalam kesebelasan senior FC Barcelona. Di umur 17 tahun dan di musim kesatunya, Messi mencetak gol pertama pada 1 Mei 2005. Sekaligus terdaftar sebagai pemain termuda Barcelona yang sukses menyumbang gol untuk klubnya.

Karir Klub Seorang Lionel Messi

Karir Lionel Messi di Barcelona semakin gemilang. Hal tersebut terbukti dari perpanjangan kontrak yang dilaksanakan oleh klub bola Barcelona itu kepadanya sampai Juni 2014. Musim 2005-2006 menjadi saksi kedahsyatan Messi. Ia menyumbangkan 6 gol dari total 17 liga. Sayangnya aksi Messi terhenti sebab cedera otot di paha kanan saat melawan Chelsea di Liga Champions, Maret 2006. Dia juga tak lagi main hingga musim persaingan berakhir.

Setahun sesudah cedera, penerus Ronaldinho ini comeback gemilang di laga derby melawan musuh bebuyutan Barcelona, Real Madrid. Lulusan sekolah La Masia tersebut sukses mencetak hattrick di laga El Clasico walau akhirnya pertandingan imbang 3-3. Hattrick Messi dinyatakan mampu memotivasi semua pemain kala itu.

Musim 2011-2012 dapat dibilang sebagai masa keemasan Lionel Messi. Ia sudah mencetak 232 gol sepanjang karirnya, mengungguli pemegang rekor sebelumnya Cesar Rodriguez. Ia pun tercatat sebagai pemain pertamadalam sejarah yang dianugerahi 4 kali gelar Pemain Terbaik Dunia di FIFA Ballon d’Or (2009-2012). Kemenangan beruntun juga sukses dicapai Messi saat ia tiga kali menang penghargaan Sepatu Emas yang biasa diserahkan untuk pemain terbaik di kancah Eropa.

Messi juga mengoleksi penghargaan dari UEFA diantaranya 4 kali Top Skorer di Liga Champions (2009-2012), Pemain Terbaik UEFA 2011 (Best Player in Europe Award) dan Man of the Match di final Liga Champions 2011. Sedangkan kontribusinya untuk Barca yakni mengirimkan klub menang 6 trofi La Liga Spanyol, 2 Copa del Rey, 5 gelar juara Super Copa serta 4 piala Liga Champions. Di samping prestasi bersama FC Barcelona, Messi mengindikasikan pencapaian yang memuaskan saat membela Timnas Argentina. Kemenangan Argentina bersama Messi adalah Juara Piala Dunia U-20 tahun 2005 sertaJuara Olimpiade Beijing pada tahun 2008.

BACA JUGA: Sejarah Buffon