Sejarah Singkat Kun Aguero

Sergio Leonel “Kun” Agüero del Castillo atau yang sering dipanggil Kun Aguero lahir pada 2 Juni 1988. Dia ialah pemain sepak bola Argentina yang bermain sebagai striker guna klub Liga Premier Inggris, Manchester City dan kesebelasan nasional Argentina.

Awal Karir Kun Aguero

Pada tanggal 5 Juli 2003, ia menjadi pemain termuda yang mengerjakan debut di Argentina Primera División pada 15 tahun dan 35 hari. Memecahkan rekor sebelumnya yang dipunyai oleh Diego Maradona pada tahun 1976.

Pada tingkat internasional, Agüero mewakili Argentina di kesebelasan U-20 dalam Piala Dunia FIFA U-20 pada tahun 2005 dan pada tahun 2007. Dia menolong Argentina memenangkan kedua turnamen tersebut.

Agüero bermain di Olimpiade Beijing 2008. Dan ia mencetak dua gol dalam kemenangan semifinal 3-0 melawan Brasil ketika Argentina memenangkan medali emas. Agüero terpilih guna mewakili Argentina di Piala Dunia FIFA 2010 dan 2011 Copa América.

Pada tahun 2006, Agüero pindah ke Eropa guna bermain guna tim La Liga, Atletico Madrid dengan ongkos sebesar € 23.000.000 dari Independiente. Dia menarik perhatian dari klub-klub top Eropa dengan mencetak 101 gol dalam 234 penampilan ketika memenangkan Liga Eropa UEFA dan Piala Super UEFA pada tahun 2010.

Kun Aguero pindah ke klub Premier League Manchester City pada bulan Juli 2011 untuk ongkos transfer yang tidak diungkapkan diperkirakan berada di kisaran £ 35 juta. Pada hari terakhir musim debut dengan klub, Agüero mencetak gol di menit ke-94, dalam kemenangan melawan Queens Park Rangers yang menyebabkan Manchester City mendapat gelar liga pertama mereka dalam 44 tahun terakhir.

Karir Gemilang Kun Aguero

Pada tahun 2012, ia memenangkan Manchester City’s Player of The Year yang dipilih oleh semua fans. Dengan 13 gol. Ia menjadi pencetak gol terbanyak Manchester City di persaingan Eropa, rekor yang sebelumnya dipegang oleh legenda Manchester City Francis Lee.

Kun Aguero ialah striker dan dirasakan sebagai penyerang tengah yang paling hebat. Namun juga dapat bermain sebagai second striker. Posisi yang tidak jarang ia tempati di Atletico Madrid, dengan dengan Diego Forlan.

Kun Aguero mempunyai badan yang kecil dengan jasmani yang kekar. Yang telah membuat dia dikomparasikan dengan mantan teman setimnya di Manchester City Carlos Tévez. Dan striker masa lalu seperti Romario dan Diego Maradona. Mantan manajer Manchester City, Roberto Mancini, telah mencocokkan Agüero dengan mantan striker Brasil, Romario.

Kun Aguero dikenal sebab kelincahan, kecepatan dan kekuatan, yang dicerminkan sebagai striker yang “tajam dan cerdas” oleh mantan pemain Argentina Osvaldo Ardiles. Pandangan yang juga dipunyai oleh kapten di kesebelasan nasionalnya, Lionel Messi. Yang percaya Agüero mempunyai “kekuatan besar, kekuatan dan etos kerja yang luar biasa”. Dikombinasikan dengan kontrol bola yang bagus dan kekuatan untuk mengawal bola, ia dicerminkan sebagai ancaman yang menakutkan dalam kotak penalti.

Kun Aguero menikah dengan Giannina Maradona, putri bungsu dari legenda sepakbola Argentina Diego Maradona. Pada tanggal 19 Februari 2009, Giannina memiliki seorang putra, Benjamín, di Madrid. Diego Maradona terdapat di sana untuk kelahiran cucu pertamanya. Sedangkan Agüero lantas melewatkan sesi pelajaran Atletico pada hari sebelumnya. Pada Januari 2013, Agüero dan Giannina bercerai. Anak Agüero secara permanen tinggal bersama Giannina di Buenos Aires, Argentina

BACA JUGA: Sejarah Lionel Messi