Sejarah FIFA

Keberadaan Sejarah FIFA merupakan sejarah yang sangat penting peradaban bagi olahraga sepakbola hingga saat ini. Permainan sepakbola yang sangat seru ini menjadi olahraga yang mendunia sehingga dibutuhkan suatu badan sepakola khusus yang menjadi wadah bagi seluruh penggemar dan pemainnya. Sepakbola berasal dari dua kata yaitu “Sepak” dan “Bola”. Sepak atau menyepak bisa juga diartikan sebagai menendang (menggunakan kaki).

Untuk kata “Bola” adalah alat yang digunakan dalam permainan yang memiliki bentuk bundar, terbuat dari bahan karet pada intinya. Secara singkat arti permainan sepakbola adalah permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola oleh pemain yang memiliki target untuk memasukkan ke gawang lawan.

Fungsi Asosiasi FIFA

FIFA merupakan badan atau lembaga sepakbola internasional yang sudah dikenal dan diakui dunia saat ini. Sejarah FIFA sendiri berasal dari kata Federation Internationale da Football Association yang berasal dari Bahasa prancis. Tidak hanya sepak bola, FIFA juga menaungi beberapa jenis olahraga lainnya. Seperti olahraga futsal, sepakbola pantai dan sepakbola wanita. Lembaga yang berlokasi di Zurich, Swiss ini memiliki tanggung jawab yang besar. Yaitu menggelar event sepakbola internasional. Dimana yang paling terkenal adalah event piala dunia yang sudah digelar sejak tahun 1930.

Sepakbola sendiri sudah ada sejak abad 19 pada tahun 1800-an, namun belum ada lembaga atau badan yang menjadi otoritas sepak bola dunia saat ini. Sejarah FIFA sendiri baru dibentuk pada tahun 1904. Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan anda informasi mengenai bagaimana Sejarah FIFA bisa berdiri sampai sekarang. Negara mana yang menjadi bagian anggota awal FIFA saat pertama kali dibentuk dan siapakah ketua FIFA pertama.

Sejarah Terbentuknya FIFA

Sepak bola internasional sudah ada dan dipertandingkan sejak tahun 1872 saat Inggris berhadapan dengan Skotlandia. Sebelum abad 20 sepakbola hanya terkenal atau populer di negara-negara Britania seperti Iggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Namun menjelang masuk abad 20 di tahun 1900, sepakbola mulai populer secara global.

Beranjak dari hal ini Sejarah FIFA muncul, pada tanggal 21 mei tahun 1904 dibentuklah FIFA. Dengan definisi suatu organisasi khusus yang menjadi badan sepakbola dunia. FIFA yang merupakan singkatan dari Federaion Internationale de Footbal Association. Bersala dari Bahasa prancis, karena FIFA didirikan di kota Paris, Prancis pada saat itu. Anggota awal yang melakukan pembentukan FIFA hanya terdiri dari beberapa negara saja.

Mayoritas adalah negara eropa, seperti Belgia, Denmark, Prancis, Jerman, Belanda, Spanyol, Swrdia, dan Swiss. Saat ini anggota FIFA sudah meningkat pesat, menjadi lebih dari 200 negara dari 6 konfederasi berbeda-beda.

Kemudian FIFA memutuskan markasnya berlokasi di Zurich, Swiss. Presiden pertama FIFA adalah Robert Guerin yang pada tahun 1906 langsung diganti oleh Daniel Burley Woolfall. Ajang pertama yang diorganisir oleh FIFA adalah cabang olahraga sepakbola di Olimpiade tahun 1908. Beranjak dari itu, anggota FIFA mulai bertamah luas ke benua lain seperti Amerika Utara, Amerika Selatan dan Afrika juga.

Walau terlihat terus berkembang dan kokoh, Sejarah FIFA pernah terancam bubar. Karena adanya perang dunai I di tahun 1910-an. Yang membuat seluruh anggota FIFA terancam dalam bahaya. Namun nyatanya sampai saat ini FIFA masih bertahan. Berkat jasa presiden FIFA yang ke-3 yaitu Dutchman Carl Hirschmann. FIFA terus berkembang luas, pada tahun 1930 akhirnya terselenggara piala dunia FIFA yang pertama kalinya.

Menjadi ajang sepakbola terbesar diseluruh dunia pastinya skala internasional. Hal ini bisa berlangsung dibawah pimpinan presiden FIFA yang menjabat saat itu. Yaitu Jules Rimet. Sementara itu Piala dunia wanita baru mulai diselenggarakan menyusul pada tahun 1991.

Baca Juga : Cara Menjadi Kaya