Jangan Takut Belajar Saham

Saham adalah salah satu instrumen dalam pasar modal dan juga sebenarnya sudah menjadi suatu hal yang sering kita jumpai. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sampai saat ini mungkin masih banyak orang yang belum sadar dengan keberadaan salah satu instrumen investasi yang satu ini. Masih banyak orang yang menganggap kalau saham itu haram, judi, dan lain sebagainya. Karena hal tersebut, semakin banyak orang yang kesulitan dan ragu untuk mencoba berivestasi.

Saham sebenarnya sudah bisa memberikan keuntungan dalam jangka pendek dan juga jangka panjang melalui capital gain, tidak hanya itu saja. Investor biasanya juga sudah mempunyai kesempatan untuk bisa mendapatkan dividen (sebagian laba perusahaan yang dibagikan ke para investornya). Investor juga mempunyai hak untuk mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) hanya dengan memiliki 1 lot (100 lembar) invetasi pada perusahaannya. Pastinya sangat asik bila bisa menjadi seorang investor.

Karakter investor tentunya bisa berbeda-beda. Cenderung ada yang menjadi trader (jangka pendek) dan ada juga yang menjadi investor jangka panjang, karakter tersebut tentu akan dilihat berdasarkan profil risiko masing-masing orang.

Jangan Takut Belajar Saham

BACA JUGA: Belajar Trading Forex

Masyarakat sekarang sudah bisa lebih mudah untuk mempelajari pelan-pelan tentang pasar modal khususnya saham. Namun, kita harus mulai ini semua dengan melakukan investasi, memahami cara berpikir kalau kita bisa memiliki sebuah perusahaan daripada hanya menjadi konsumennya, bagaimana alur untuk bisa menjadi seorang investor, dan lain sebagainya.

Sekian ulasan singkat tentang saham. Sekarang masyarakat Indonesia sudah tidak perlu ragu atau takut lagi bila ingin mencoba berinvestasi. Ayo tingkatkan invetasi Anda, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.