Olahraga Tinju

Olahraga Tinju adalah salah satu jenis olahraga bela diri yang sudah sangat populer di dunia. Sekarang sudah sangat banyak orang yang mengetahui tentang olahraga ini. Pertandingan tinju ini pastinya akan membuat Anda berhadapan dengan petinju lain saat sedang melakukan pertarungan. Setiap petinju pastinya akan selalu berusaha untuk menjatuhkan lawan dengan cara meninju.

Dalam olahraga tinju ini seorang petarung bisa dinyatakan sebagai pemenang bila bisa memukul lawannya tepat mengenai sasaran dengan jumlah yang lebih banyak. Petarung juga bisa dinyatakan menang bila berhasil menjatuhkan lawannya sehingga tidak bisa sanggup lagi untuk berdiri melanjutkan pertandingan.

Dalam bahasa Indonesia, kata tinju ini adalah terjemahan dari bahasa Inggris “boxing”. Secara etimologi berasal dari kata Yunani yang mempunyai arti segala sesuatu berbentuk kotak. Dengan demikian olahraga tinju ini mempunyai pengertian tangan terkepal yang mempunyai bentuk kotal yang sudah siap dipukulkan saat berkelahi.

Olahraga Tinju

Sejarah Singkat Olahraga Tinju

Meskipun masih belum bisa diketahui secara pasti awal mula terjadinya pertarungan tinju ini. Namun pada tahun 450 M, ada seorang petinju legendaris yang berasal dari Thaos. Ia sudah mempunyai catatan bertandin sebanyak 1.406 kali. Dalam kitab mahabrata juga ada menceritakan tentang pertandingan yang melibatkan adu kekuatan dengan tangan kosong terkenal dan saling berkelahi. Mungkin itu bisa tergolong awal mulanya sejarah Olahraga tinju dimulai.

Pertandingan Olahraga Tinju ini juga sudah sangat populer di Mesir dan Yunani sebagai hiburan. Namun pertarungan tinju pada zaman Romawi sangat berbeda dengan sekarang dimana pertandingan tinju modern sudah menggunakan sarung tangan yang dilapisi dengan besi. Hal tersebut juga banyak menyebabkan kematian saat bertarung. Setelah itu, tidak ada kelas tertentu dalam tinju, jadi siapa saja boleh ikut bertanding.

Seiring berkembangnya zaman, Olahraga Tinju ini sudah semakin modern. Banyak penonton yang senang bertaruh dengan penonton lainnya dan memilih siapa yang akan menjadi pemenang. Maka dari itu, banyak juga petinju bayaran yang memilih mengalah agar bisa mendapatkan bayaran lebih. Sebenarnya dalam olahraga hal ini sudah sangat dilarang agar tidak terjadi kecurangan. Namun masih banyak yang tidak mengerti dampak akan hal tersebut.

Olahraga tinju ini termasuk dalam kategori olahraga yang keras dan juga berbahaya pastinya. Karena dalam olahraga ini mempunyai resiko yang sangat besar bagi petarung karena sering menerima pukulan dari lawan mereka. Namun, tinju saat ini sudah menjadi olahraga yang sangat populer dikalangan wanita dan juga pria.

BACA JUGA: Bola Voli