Manfaat Saham

Salah satu manfaat saham adalah dapat digunakan sebagai instrumen investasi, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Mereka yang telah memanfaatkan saham sebagai investasi jangka pendek biasanya menginginkan capital gain dari selisih harga beli dan harga jual. Berbeda dengan yang memanfaatkan saham sebagai investasi dalam jangka panjang, dimana mereka tentunya akan rutin membeli saham atau menabung saham.

Jadi, sekarang ada dua jenis keuntungan yang bisa diperoleh Manfaat Saham oleh investor, yaitu;

1. Capital Gain adalah keuntungan yang didapatkan dari selisih harga jual saham yang lebih tinggi dari harga belinya. Setiap investor saham pastinya akan menerima keuntungan sesuai dengan besarnya saham yang dimiliki.
2. Dividen adalah keuntungan yang didapatkan dari hasil pembagian dividen tunai suatu emiten. Ini adalah pendapatan tambahan yang bisa diperoleh oleh investor bila membeli saham dari emiten yang memiliki kinerja pendapatan yang bagus.

Manfaat Saham`

Risiko Investasi Saham dan Manfaat Saham

Meskipun Manfaat Saham dinilai sebagai investasi yang menguntungkan, pada dasarnya investasi saham mempunyai risiko yang besar. Adapun risiko investasi saham yang akan kami jelaskan dibawah:

1. Risiko Likuidasi
Risiko ini biasanya akan terjadi saat emiten bangkrut atau likuidasi dimana para pemegang saham memiliki hak klaim terakhir terhadap aktiva perusahaan setelah kewajiban emiten tersebut dibayar. Bahkan ada kemungkinan para pemegang saham tidak mendapatkan apapun ketika aktiva tidak tersisa setelah emiten membayar kewajibannya.

2. Tidak Ada Pembagian Dividen
Risiko ini juga bisa terjadi ketika emiten menggunakan keuntungan perusahaan untuk melakukan ekspansi usahanya sehingga memilih untuk tidak membagikan dividen kepada pemegang saham.

3. Investor Kehilangan Modal
Risiko ini akan terjadi jika harga beli saham ternyata lebih besar ketimbang harga jualnya sehingga pemegang saham kehilangan modalnya (capital loss).

4. Saham Delisting dari Bursa
Ada alasan yang menyebabkan saham dihapus dari pencatatan bursa sehingga saham tersebut tidak bisa diperdagangkan. Tentu saja hal tersebut akan membuat emiten dan para pemegang saham merugi.

Baca juga: Sejarah Renang

Diatas ini adalah Artikel tentang Manfaat Saham yang bisa Anda baca dengan baik dengan benar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.