Keuntungan Membeli Saham

Banyak Keuntungan Membeli Saham bisa sangat menggiurkan. Saat ini kami ingin memberikan informasi penting mengenai Keuntungan membeli saham. Didalam bermain saham, tentu semua orang memiliki tujuan yang sama. Yaitu mendapatkan keuntungan melalui pembelian saham itu sendiri. Namun banyak orang yang belum mengetahui didalam bursa saham, ada beberapa jenis keuntungan.

Keuntungan di dalam bermain saham dibagi menjadi 2, yaitu deviden dan capital gain. Kedua keuntungan inilah yang menjadi daya tarik untuk seseorang bermain saham.  Berikut akan kami jelaskan perbedaan dari masing-masing keuntungan tersebut.

Deviden atau Keuntungan Membeli Saham

Keuntungan Membeli Saham tipe Deviden merupakan pembagian keuntungan yang didapatkan melalui pemberian suatu perusahaan kepada pihak pemegang saham. Berapa besarnya deviden sangat bervariasi tergantung berapa besar pendapatan dari suatu perusahaan. Keuntungan ini dibagikan setelah ada rapat internal atau yang biasa disebut RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). Keuntungan ini biasanya dibagikan setiap tahunnya.

Namun hal itu tergantung dari perusaan tersebut juga. Ada  beberapa yang sering membagi deviden, dan ada juga yang tidak. Perlu anda ketahui juga, bahwa deviden ini bukan merupakan kewajiban dari suatu perusahaan.Jadi ada saat-saat perusahaan tidak membaikan deviden karena beberapa alasan seperti mengalami kerugian atau laba digunakan untuk investasi atau ekspansi perusahaan tersebut.

Sebelum anda bisa mendapatkan deviden sebagai investor, anda harus memiliki atau memegang saham di perusahaan tersebut dalam kurun waktu tertentu sehingga kepemilikan anda diakui sebagai pemegang saham dan memiliki hak untuk mendapatkan deviden.

Deviden atau Keuntungan Membeli Saham  yang diberikan perusahaan bisa berupa uang tunai atau berupa saham tambahan. Tentu pemberian ini diperhitungkan sesuai dengan porsi saham yang dimiliki pemegang saham. Namun pada umumnya deviden ini relatif tidak besar nilainya. Besaran deviden yang didapatkan pemegang saham diantara 1%-3% dari harga saham yang dimilikinya.

Namun deviden ini bisa menjadi pemasukan yang rutin bagi para investor dengan catatan. Jika perusahaan yang sahamnya anda beli itu rajin memberikan deviden.  Sebagai catatan lagi,deviden yang dibagikan kepada investor belum dipotong pajak penghasilan. Besar pajak deviden sejak tahun 2009 sejumlah 10% dari deviden yang anda terima.

Keuntungan Membeli Saham Capital Gain

Keuntungan Membeli Saham ini merupakan keuntungan yang anda dapatkan melalui selisih harga beli dan jual saham. Jadi seperti yang pernah kami bahas pada artikel mengenai Belajar Saham sebelumnya. Membeli saham juga suatu bisnis. Pada umumnya bila saham dari suatu perusahaan yang kita beli memiliki kinerja yang baik dan usaha perusahaan berjalan dengan baik maka akan banyak menarik investor untuk membeli saham tersebut.

Otomatis karena permintaan kepada perusahaan tersebut meningkat, harga sahamnya juga naik. Pemilik saham juga ikut merasakan keuntungannya bila membelinya sebelum harga meingkat. Capital gain ini kami contohkan seperti berikut : anda membeli saham perusahaan Z dengan harga per saham adalah Rp.20.000,- dan setelah beberapa waktu, saham yang anda beli meingkhat harga menjadi Rp 25.000,- berarti anda mendapatkan keuntungan dari selusih anda membli dan menjualnya. Capital gain yang anda dapatkan ialah sebesar Rp.5.000,- per lot nya.

Dan Keuntungan Membeli Saham ini masih belum dipotong oleh biaya transaksi saham. Keuntungan paling banyak dari pemilik saham biasanya didapat dari keuntungan capital gain. Kenaikan harga bisa berkali lipat dalam jangka waktu tertentu. Bahkan ada yang tidak menduganya, pemilik saham bisa menjadi kaya mendadak meleihhi investasi yang lain.

Baca Juga : Olahraga Renang