Investasi Saham Untuk Anak

Mungkin dalam Investasi Saham untuk anak perlu lakukan. Mengapa? Percaya atau tidak, hal ini tidaklah sulit dan bahkan sudah lama berlangsung pada negara-negara yang maju. Dari sebuah usulan baru mengenai rencana dari otoritas jasa keuangan (OJK) awa tahun 2019 ini. Mengatur pembukaan rekening sangat ber efek bagi para pelajar yang belum mempunyai kartu tanda penduduk.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan jumlah investor pada pasar modal di Indonesia yang kini masih sekitar 1,6jt orang, dari jumlah total penduduk sekitar 265jt jiwa. Meskipun rencana ini masih sebatas inisiatif, tapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Pasalnya negara-negara maju sudah lebih dulu melakukannya.

Dari negara-negara maju seperti di Jepang sudah ada dikenakan dengan pasar modal sejak dari dini. Program rekening efek untuk pelajar di Jepang ini diketahui bernama junior program. Sementara di Negara Amerika Serikat rekening efek untuk andak-anak dan remaja dinamakan custodial brokerage Account.

Pengenalan Investasi Saham Penting Sejak Kecil

Edukasi sejak dini dalam dunia pasar modal sangat dinilai penting, dikarenakan rata-rata membutuhkan jangka waktu yang panjang (lebih 5 tahun) dalam mendapatkan hasil investasi berlandaskan fundamental. Dengan begitu anak-anak akan melihat manfaatnya. Ketika mereka memasuki masa kuliah, menikah bahkan memulai kehidupannya sendiri.

Dalam masalah menganalisa, anak-anak masih harus diarahkan dari orang uanya. Hal inilah yang akan membuat para orang tua harus tahu pasar modal lebih mendalam, supaya bisa mewariskan dengan lebih mudah dari generasi ke generasi.

Sebagian anak-anak setelah merasaan manfaat dari investasi pada usia dewasa, akan merasa terdorong untuk berkecimpung dalam dunia pasar modal secara aktif lagi. Hal ini bukan untuk meningkatkan jumlah investor, namun aktif pada masa depan.

Cara Pengenalan Investasi Saham

Memilih Saham dalam berinvestasi bisa dimulai dengan mengenali saham produk yang digunakan kebutuhan sehari-hari. Seperti Susu ultra, mis instan, dan lain-lain. Dalam momen-momen tersebut bisa dimulai melalui memperkenalkan dengan menunjukan melalui metode dongeng.

Dengan memperkenalkan sebuah perusahaan yang sudah go public, maka akan menambah wawasan anak mengenai bisnis dilingkungan, ekonomi dan praktek matematika dasar seperti menghitung ROE dan juga Rasio hutang sederhana. Dengan begitu sangat anak bisa lebih luas wawasannya dan snagat diharapkan bisa mendukung keuangannya sendiri pada masa mendatang melalui Investasi Saham.

Baca Juga Artikel Saham Lainnya DISINI