Sejarah Singkat Cristiano Ronaldo

Pada 5 Februari 1985 di antara pesepak bola terbaik dunia lahir Cristiano Ronaldo. Pria yang mempunyai nama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro lahir di kota Funchal tepatnya Madeira, Portugal. Ayah Ronaldo, Jose Dinis Aveiro adalah seorang manajer perlengkapan di klub sepak bola area lokal Andorinha. Dia merupakan pengagum bintang film yang telah menjadi presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan. Dari situlah sang bintang menemukan namanya. Pada umur 15 tahun, Ronaldo didiagnosa merasakan masalah jantung dan harus menjalani operasi.

Namun, beruntung Cristiano Ronaldo sembuh dan sehat seperti sedia kala. Karier sepak bolanya diawali oleh klub setempat yakni Clube Desportivo Nacional of Madeira sebelum pindah ke klub raksasa Portugal, Sporting Clube de Portugal atau lebih dikenal dengan nama Sporting Lisbon. Di sana, Ronaldo main di kesebelasan junior selama beberapa tahun sebelum sukses menjadi pemain inti pada tahun 2002.

Awal Karir Cristiano Ronaldo

Dengan tinggi badan 1,85 meter, Ronaldo adalah seorang atlet yang tangguh di lapangan. Awalnya dia berposisi sebagai pemain sayap kanan tetapi lantas menjadi penyerang dengan gaya permainan yang sulit ditebak. Dia dapat dengan mudah meloloskan diri dari sergapan lawan dan pintar membuat peluang ke gawang lawan.

Setelah sukses dengan Sporting Lisbon, Cristiano Ronaldo mendapat perhatian dari tidak sedikit klub besar Eropa dan kesudahannya dia pindah ke Manchester United pada 2003. Seketika, Ronaldo menjadi bintang baru Setan Merah dan dianggap menjadi di antara penyerang yang terbaik di dunia saat itu.

Puncak kejayaannya dengan Manchester United ialah pada musim 2007/2008 ketika dia mencetak 42 gol di ajang Liga Primer dan Piala FA. Di musim yang sama Ronaldo pun mendapatkan penghargaan Sepatu Emas sesudah 31 golnya menjadikan dia penyerang tersubur di Eropa.

Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo, meraih gelar Ballon dOr 2017.(AFP PHOTO/FRANCK FAUGERE) Setelah ikut membawa Manchester United menjadi juara Liga Champions Eropa pada Mei 2008, Ronalda mendapatkan gelar pemain terbaik FIFA. Dia pun membawa Manchester United ke babak final Liga Champions Eropa di musim berikutnya namun gagal juara karena diungguli F C Barcelona Setelah itu, Ronaldo melanjutkan kariernya di Spanyol bersama Real Madrid.

Cristiano Ronaldo Pemain Termahal di Dunia

Sebuah klub yang lama dia idamkan. Saat itu Madrid mesti mengeluarkan 131 juta dolar AS atau hampir Rp 1,8 triliun dan menjadikannya pemain termahal di dunia.

Harga semahal itu dibayar Ronaldo dengan prestasi gemilang. Pada musim 2010/2011 dia menjaringkan 40 gol yang adalah rekor gol satu musim terbanyak yang dibuat seorang pemain dalam sejarah La Liga. Rekor ini terus bertahan selama satu musim sesudah dipecahkan sang rival, Lionel Messi tahun berikutnya.

Pada musim 2011/2012, Cristiano Ronaldo menolong Madrid menjuarai La Liga dan menorehkan 46 gol saat itu. Pada tahun 2013, Ronaldo mencetak total 66 gol dari 56 kali penampilan dan setahun lantas dia menorehkan 52 gol sekaligus memberinya penghargaan sebagai pemain terbaik FIFA guna kedua kalinya. Pada 2015, Ronaldo telah menjaringkan 324 gol guna Real Madrid sekaligus menjadi top skorer sepanjang masa Los Blancos.

Di samping itu, secara total Cristiano Ronaldo meraih lima gelar pemain terbaik dunia. Di kampung halamannya, Ronaldo resmi menjadi pemain inti kesebelasan nasional pada 2003 tepatnya empat hari sesudah debutnya bersama Manchester United. Dia menjadi kunci sukses ketika Portugal menjadi juara keempat Piala Dunia 2006. Dia pun membawa Portugal ke semifinal Piala Eropa namun kalah di adu penalti. Pada 2016.

Ronaldo mempunyai andil membawa Portugal menjuarai Piala Eropa, trofi turnamen internasional pertama untuk negara Portugal. Di tahun yang sama Ronaldo menjadi atlet ketiga di dunia sesudah Michael Jordan dan LeBron James yang mendapatkan kontrak seumur hidup dari perusahaan perlengkapan olahraga Nike. Tak hanya itu, julukannya di lapangan “CR7” menjadi brand ┬átersendiri untuk sepatu, minyak wangi , sampai pakaian dalam.

Baca Juga : Sejarah Singkat Wayne Rooney