Belajar Saham

Cara Belajar Saham ini memang sangat banyak diminati masyarakat di dunia, termasuk Indonesia. Banyak orang yang ingin mulai belajar saham. Namun kebanyakan dari mereka memiliki keluhan yang sama, bingung ingin mulai dari mana. Karena pengetahuan mereka kosong tentang saham. Nah, pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan informasi yang bisa membantu anda. Bagi anda yang ingin belajar saham dari awal.

Awalnya buta sama sekali mengenai saham, namun setelah mengikuti alur pembahasan yang akan kami jelaskan disini. Anda akan segera paham dan berani dalam melakukan transaksi saham. Pada awalnya anda harus memulainya dari bawah. Berikut kami jelaskan cara untuk belajar saham.

Cara Belajar Saham Efektif

  1. Membaca Buku Tentang Saham

Dengan membaca, akan membuka pemikiran baru dan wawasan anda mengenai saham. Anda bisa mendapatkan gambaran umum namun jelas mengenai saham.

  1. Buka Rekening Saham

Belajar saham sama halnya dengan menaiki sepeda. Anda tidak bisa hanya belajar teori, tanpa mencoba mengayuh. Anda harus langsung praktek agar bisa berjalan dengan lancar dan jadi handal.

  1. Lakukan Transaksi

Anda bisa memberanikan diri untuk melakukan transaksi. Dimulai dari yang paling kecil, anda bisa mencoba membeli 1 lot (100 lembar). Setelah itu anda bolah menyimpan dan mencoba menjual saham tersebut dikemudian hari. Tapi batasi diri kalian dengan melakukan transaksi yang terkecil dulu. Hingga anda sampai familiar dengan proses transaksinya.

  1. Tentukan Investor atau Trader

Ada dua pilihan jika anda ingin Belajar Saham dan masuk kedalam dunia saham. Yaitu untuk menjadi investor atau trader. Keduanya serupa tapi tidak sama. Berikut kami jelaskan perbedaan Investor dengan Trader. Perbedaan paling mendasar antara trader dan investor adalah untuk trader, membeli dan menjual saham dalam jangka waktu yang singkat, dan memanfaatkan fluktuasi dari harga saham, jadi harus mengetahui keadaan pasar. Sedangkan Investor membeli dan menyimpan dalam jangka waktu yang lama sekitar hitungan 3 bulan hingga tahunan. Caranyan dengan menganalisa kinerja perusahaan yang sahamnya anda beli.

  1. Pelajari Ilmunya

Bila anda serius ingin terjun kedalam dunia investor saham. Kami sarankan untuk belajar analisis dasar atau fundamental terlebih dahulu. Dengan belajar cara menganalisis kondisis ekonomi, kesehatan keuangan suatu perusahaan dan lain-lain. Sedangkan untuk trader anda lebih dibutuhkan keahlian dalam analisis teknikal. Dan juga anda perlu mengerti analisa grafik harga saham untuk bisa menentukan waktu yang tepat kapan masuk dan keluar pasar (membeli dan menjual).

  1. Belajar

Beberapa cara Belajar Saham dan analisa teknikal serta fundamental barulah hal dasar yang harus anda ketahui pertama. Namun dengan mengerti kedua hal tersebut bukan artinya sudah cukup untuk menjadi bekal sukses anda. Masih ada banyak hal yang perlu dipelajari. Sebagai Investor misalnya, anda diperlukan belajar ekonomi mikro, makro, dan lain-lain dengan lebih dalam. Untuk trader, misalnya anda perlu belajar manajemen uang, psikologi trading dan lain-lain. Jangan pernah berhenti untuk belajar.

  1. Nikmati Proses

Di awal anda Belajar Saham menjadi Investor atau Trader, biasanya tidak langsung bisa berhasil atau sukses. Semuanya butuh waktu dan proses pembelajaran yang berkelanjutan. Oleh karena itu, secara perlahan sesuai berapa banyaknya ilmu yang sudah anda pelajari dan pengalaman yang anda lalui. Itu semua bisa menjadi komponen utama untuk anda bisa sukses dan mendapat keuntungan dari investasi saham. Tidak ada yang instan, semua membutuhkan proses. Namun dengan anda sabar dan disiplin, kami yakin pasti bisa sukses dalam menjadi seorang investor ataupun trader.

Baca Juga : Perbedaan Trading dan Investasi